Ketua Dewan Pers Ucapkan Selamat Buat WartaKepri.co.id dan Kepri Media Group

Warta Kepri Lulus Verifikasi Faktual Dewan Pers
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo kembali menyampaikan tentang jumlah portal berita atau media siber di Indonesia kini mencapai 47 ribu. Hal ini disampaikan Yosef Adi saat Rakernas III Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Ballroom Hotel Sari Pasifik, Jakarta, Kamis (26/7/2018) lalu.

Dijelaskannya, dari puluhan ribu media siber yang ada, hanya sekitar 2.000 yang tercatat di dewan pers serta hanya 321 media online yang lulus verifikasi faktual.

Dedy Suwadha CEO dan Pimpinan Redaksi Warta Kepri

Tiga dari 321 media Siber yang dinyatakan Verifikasi Faktual dalam Rakernas tersebut, adalah WartaKepri.co.id, MediaKepri.co.id, BatamClick.com yang ketiga tiganya tergabung di Kepri Media Group (KMG).

” Selamat buat teman teman dari Batam, yang telah lulus dan terima Verifikasi Faktual dari Dewan Pers,” ungkap Yosef Adi kepada peserta Rakernas SMSI.

Dijelaskan Yosef Adi, sangat sedikit pekerja pers di media online yang mematuhi kode etik jurnalis hingga rawan melanggar hukum. Diakui Dewan Pers, untuk media cetak tingkat kepercayaan masyarakat masih tinggi, karena akurasinya lebih baik dan lebih teruji.

“ Ini salah satu penyebabnya karena banyaknya hoaks yang beredar di media online atau siber,” kata pria yang sering disapa Stenly.

Ketua Dewan Pers dan Pengurus SMSI Kepri foto bersama CEO WartaKepri.co.id, CEO BatamClik.com dan CEO MediaKepri.co.id
Ketua Dewan Pers dan Pengurus SMSI Kepri foto bersama CEO WartaKepri.co.id, CEO BatamClik.com dan CEO MediaKepri.co.id

Kata Stenly, Dewan Pers ingin mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap pers. “Tentu saja caranya dengan mengeluarkan sertifikasi untuk wartawan yang lulus uji kompetensi,” ucapnya.

Untuk media arus utama, Stenly mewanti wanti agar tidak ikut-ikutan dengan medsos. “Ketika Anda memilih kerja sebagai wartawan, maka Anda memilih untuk dikutuk sebagai mahasiswa seumur hidup. Karena wartawan harus terus belajar seumur hidup tentang semua hal,” kata Stenly.

Saat ini, sambung Stenly, ada sekitar 12 ribu wartawan yang lulus uji kompetensi, baik untuk tingkat muda, madya maupun utama.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG