Silaturahmi Bersama Komponen Masyarakat, Ini Disampaikan Dandim Natuna



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.CO.ID, NATUNA – Komando Distrik Militer 0318 Natuna, masih didalam suasana Syawal Idil Fitri 1440 Hijjriah dimanfaatkan silaturahmi bersama Masyarakat melalui Komunikasi Sosial (Komsos) digelar Makodim, Selasa (18/6/2019).

Melalui Silaturahmi Dengan Komponen Masyarakat Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan Dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Dalam Rangka Membantu Kesulitan Rakyat Serta Menjaga Dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI.

Acara berlangsung selama tiga jam itu Dihadiri masyarakat dan organisasi berbagai unsur, tokoh agama, masyarakat, pemuda dan tokoh adat kegiatan langsung dipimpin Dandim, Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, S.Sos., M.Tr (Han).

“Kegiatan silaturahmi ini sudah lama saya nantikan, dan dianggap penting sebagai konsep diri, aktualisasi diri, dan sebagai media untuk membina hubungan serta wahana agar saling mengenal satu sama lainnya,” ungkap Dandim.

Menurut dandim, kegiatan ini dilakukan untuk bisa mencapai kesepahaman dan persepsi, baik tentang kebudayaan, wilayah pertahanan dan sebagai bentuk pembinaan dari TNI ke masyarakat.

“Dengan adanya sillaturahmi kodim dan masyarakat, maka nanti saat kami melaksanakan tugas sebagai aparat teritorial dapat berjalan lancar karena kerjasama dengan masyarakat,” terangnya.

Ditambahkan dandim, TNI adalah berasal dari rakyat dan kembali untuk rakyat, sehinggaTNI memiliki tugas membantu masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Ferry juga kembali menerangkan fungsi dan keberadaan Babinsa di tengah masyarakat.

Menurutnya, keberadaan Babinsa bukan menjadi beban masyarakat, namun untuk meringankan beban.

“Prinsipnya, Babinsa tugasnya bukan memata-matai masyarakat. Namun sekarang saya perintahkan para babinsa ini untuk memata-matai masyarakat apa yang menjadi kekurangan di masyarakat,” paparnya.

Dandim mengakui bahwa Idealnya setiap desa atau kelurahan memiliki satu orang Babinsa. Namun, karena kurangnya personel TNI, menurut Ferry, ada Babinsa yang bertanggung jawab atas tiga hingga empat desa.

“Ini tentu masih jauh dari ideal. Kecuali di kota besar, tiap kelurahan memiliki seorang Babinsa,” tutur Ferry lagi.

Selanjutnya, Ferry memberi pemaparan wawasan kebangsaan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Selain itu Perwira memiliki Hobi Trabas Trail bersama anak muda Natuna itu, juga mengingatkan kembali bahaya narkoba kepada semua yang hadir, karena hal tersebut dapat merusak generasi penerus dan dapat melemahkan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Natuna itu daerah perbatasan langsung dengan beberapa negara luar, untuk itu harus dijaga dengan baik,” tutur Ferry mengingatkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan pertahanan baik dalam menjaga kedaulatan Negara maupun pengamanan potensi dan kekayaan daerah Natuna.

Sementara itu, perwakilan masyarakat dari Lembaga Adat Melayu Natuna, menyampaikan, kegiatan ini bisa memberikan manfaat terhadap masyarakat di kabupaten Natuna.

“Kita patut berbangga karena selama ini TNI terus mengayomi membimbing masyarakat, maka dari itu mari bersama-sama kita menjaga NKRI ini,” katanya.

Acara diakhiri dengan meknai lagu padamu negeri dan foto bersama.(Rky)



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA