“September Berdarah” Puluhan Mahasiswa PMII Cabang Karimun Unjuk Rasa di Polres Karimun – WartaKepri.co.id
7 views

“September Berdarah” Puluhan Mahasiswa PMII Cabang Karimun Unjuk Rasa di Polres Karimun

September berdarah Puluhan Mahasiswa PMII Cabang Karimun Unjuk Rasa di Polres Karimun





WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Kabupaten menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Karimun, yang berada dijalan A. Yani, Kelurahan Sungai Lakam Barat, Kecamatan Karimun pada Kamis pagi (3/10/2019).

Para Mahasiswa yang berunjuk rasa dengan membawa spanduk, poster, membawa replika keranda jenazah, dengan tulisan “September berdarah” serta pengeras suara menuntut pihak kepolisian untuk mengusut secara tuntas kasus penembakan yang terjadi di depan kantor DPRD Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, dimana telah menewaskan dua orang mahasiswa yakni La Randi dan Muhammad Yusuf Qardawi saat melakukan aksi demonstrasi.

Disela-sela melakukan orasinya, Koordinator aksi mahasiswa PMII Kabupaten Karimun, Hazil Eka Dharma meminta kepada pihak kepolisian untuk mengusut secara tuntas oknum pelaku hingga menyebabkan dua rekan mereka tewas dalam aksi berdarah tersebut.

“Hukum harus ditegakkan, Jangan sampai ada tebang pilih pada oknum yamg berbuat anarkis dan brutal sehingga mengakibatkan kematian rekan sesama mahasiswa,” pintanya.

Lebih lanjut, Dharma juga meminta agar Pihak kepolisian harus bersikap profesional, menjunjung netralistas dan tidak semena-mena menggunakan senjata dalam pengamanan aksi demo.

“Karena demonstrasi adalah bagian dari demokrasi sesuai konstitusi yang ada, sekaligus Meminta kepolisian menghargai sikap mahasiswa karena mahasiswa adalah penerus bangsa,” ungkapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kapolres Karimun AKBP. Yos Guntur Fauris Susanto menyampaikan bahwa, pihaknya telah menyambut baik kedatangan adik-adik mahasisw sekalian, apa yang terjadi di Sulsel kami turut berempati.

“Dari tuntutan tentunya akan kami sikapi, saya turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya,” ujar Perwira yang pernah bertugas sebagai kasat Reskrim Polresta Barelang Batam tersebut.

Yos Guntur minta percaya kepada pihak yang berwenang, sampai saat ini sudah dilakukan penyelidikan dan juga pengusutan, mari kita bersama-sama mengikuti jalannya proses hukum tersebut.

“Polri sampai saat ini terus berupaya melaksanakan tugasnya secara profesional agar dapat dipercaya masyarakat,” Tegas Yos guntur.

Lanjutnya, Kita yakini bahwa penegakan hukum akan dilakukan dengan tidak tebang pilih, kita berharap persoalan ini agar dapat terungkap, dan akan disampaikan kepada masyarakat luas.

“Kita tidak alergi terhadap semua gerakan, termasuk aksi damai, unjuk rasa, dan juga demonstrasi, selama dalam koridor dan tatanan yang ada,” katanya.

Aksi unjuk rasa selama kirun waktu tiga jam tersebut berjalan dengan aman dan lancar, dengan pengawalan ketat dari personil Polres Karimun.(*)

Tulisan : Aziz Maulana
Editor : Dedy Suwadha



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

7 views