Kepri Tourism Face of Digital World Diikuti 70 Seller dan 120 Buyer di Planet Holiday Hotel Batam





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – DPD Asita (Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies) Provinsi Kepri akan menggelar event pariwisata international selama tiga hari mulai 28-30 Oktober 2019 di Planet Holiday Hotel & Residence Batam. Event ini merupakan event international yang digelar tiap tahunnya oleh asosiasi perusahaan perjalanan Indonesia

Ketua pelaksana Eva Betty yang juga sekaligus sebagai penanggung jawab event menjelaskan Asita Kepri Travel Fair mengusung tema ‘Kepri Tourism Face of Digital World. Artinya, pariwisata Kepri siap menghadapi dunia digital. Tahun ini, lanjut Eva Betty, Asita Kepri Travel Fair menggabungkan dua event besar sekaligus. Yaitu, Table Top & Mini Fair dan Table TOP.

“Ini adalah acara penting dan terbesar yang mempertemukan antara buyer dan seller alias B2B, Business to Business, yang akan dihadiri 70 seller dan 120 buyer. Dan 70 persen dari travel mancanegara dan 30 persen travel dari Indonesia,” papar Eva Betty yang didampingi wakil ketua panitia, Adis, Sabtu (26/10/2019) di Batam.

Wakil Ketua Panitia, Adis menambahkan, total keseluruhan peseta hadir ditargetkan tahun ini adalah 150 peserta. Tapi ternyata, yang sudah konfirmasi hadir sebanyak 200 peserta.

“Ketua Umum Asita Indonesia yang baru terpilih, Ibu N. Rusmiati, akan hadir. Juga, para sponsor seperti Kemenpar dipastikan akan hadir pada acara table top pada tanggal 28 Oktober,” ungkap Adis.

Sedangkan seller diikuti oleh industri pariwisata seperti, travel agency, hotel dan restaurant, golf, atraksi dan souvenirs, dan outlet oleh-oleh.

“Dengan gaya ‘free booth style’, yang berlangsung mulai 08.00-19.00 WIB, kedua event tersebut akan diakhiri gala dinner dengan mengundang seluruh industri pariwisata yang terdiri dari asosiasi, airlines, PHRI, operator ferry dan managemen mall,” jelas Adis.

Acara ini juga akan dihadiri oleh kurang lebih sekitar 350 undangan, dimana dimeriahkan oleh hiburan tarian tradisional dan permainan games digital, sesuai tema yang diusung.

“Tidak lupa, event ini juga akan dimeriahkan oleh artis terkenal dan sangat populer di Malaysia, Poey Stings, sebagai bintang tamu,” tambah Adis.

Sementara itu, Ketua DPD Asita Kepri, Andika Lim menambahkan, tujuan target bisnis yang akan didapatkan adalah dengan hadirnya 120 orang peserta buyer ditargetkan 80 persen akan mendatangkan turis.

Maka, buyer yang akan mengirimkan turis sebanyak 96 travel agent x 30 Pax = 2.880 pax x 12 bulan = 34.560 pax/tahun x Rp 3 juta (biaya paket + belanja di Kepri) = Rp 103,8 M. Total dan angka ini adalah menjadi salah satu penyumbang devisa pariwisata

Acara ini berlangsung atas dukungan dan sponsor dari pemerintah yaitu Kemenpar (Kementerian Pariwisata), Pemprov Kepri dan Kota beserta semua industri pariwisata.(*)

Editor : Dedy Suwadha



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA