Viral Nama Bagus Anak Baim Wong, Inilah Daftar Nama Untuk Anak Dilarang Islam

187

WARTAKEPRI.co.id – Mungkin Anda salah satu orang tua yang ingin namanya anaknya berbeda dengan nama anak pasaran yang telah lama disebut dan dikenal. Dalam video Baim Wong dan Paula yang menjelaskan mereka sangat kesusahan mencari nama untuk anaknya, karena tidak ingin suatu hari nama yang akan diberikan ke anak bermasalah dikemudian hari.

Menyimak telah lahirnya anak Baim Wong dan diberi nama Kiano Tiger Wong, tentu nama baru ditelinga dan mungkin kelak akan banyak menirunya.
Baim pun sempat menjelaskan awalnya ada niat pakai nama nama bernuasa islam. Tapi batal setelah menemukan nama Kiano.

Bicara nama dalam islam, nama yang baik merupakan doa yang disematkan orangtua pada anak-anaknya. Tak heran para orangtua memberikan nama-nama yang indah. Tapi HATI-HATI, karena ada beberapa nama bayi yang dilarang dalam Islam, yang perlu orangtua cermati.

Dilansir dari id.theasianparent.com, nama-nama yang dilarang ini termasuk ke dalam dua norma, yaitu bertentangan dengan syariah dan memiliki makna yang tidak baik. Nama yang dimaksud juga bisa membawa arti pesimis, atau karakteristik tercela yang akan dibenci atau menyebabkan kebencian.

Karena itu pemilik nama bisa merasa terdegradasi, terhina dan bisa membunuh kepribadiannya seperti Harb (perang), Himar (Keledai), dan Kalb (anjing) dan sejenisnya.

Contoh lain adalah nama-nama yang menyinggung Islam, seperti nama yang dimulai dengan “Abd” yang berarti “penyembah” dalam bahasa arab.

Kata ini biasanya muncul sebelum salah satu kata dari 99 nama Allah SWT (Asmaul Husna). Oleh karena itu jika kata setelah “Abd” tidak merujuk pada Allah SWT, itu dianggap ilegal bahkan jika merujuk kepada nabi.

Selain itu, beberapa nama Islam juga dilarang oleh Pemerintah Arab Saudi. Gulf News, koran yang berbasis di Dubai, menuliskan bahwa ada nama yang sebetulnya tidak melanggar dua norma di atas, tapi tetap masih dilarang.

Misalnya nama Abdul Nasser, dilarang karena dianggap identik dengan Gamal Abdel Nasser, seorang tokoh nasionalis di Mesir. Nama anak yang dilarang dalam Islam

A. Memberi nama dengan nama penghambaan

Seperti yang disebutkan di atas, nama-nama yang berartikan “penyembah” atau “penyembahan” terhadap selain Allah sperti Nabi atau bahkan berhala, dilarang dalam Islam. Berikut ini contohnya:

1. Abdur Rasul : Hambanya Rasul

2. Abdun Nabi : Hambanya Nabi

3. Abdul ‘Uzza : Hambanya Al-‘Uzza (nama patung / berhala)

4. Abdul Ka’bah : Hambanya Ka’bah

5. Abdus Syamsu : Hambanya Matahari

B. Memberi nama dengan nama-nama Allah

Dilarang juga untuk memberikan nama dengan nama-nama Allah Tabaraka wa Ta’ala, misalnya:

6. Rahim : Maha penyayang

7. Rahman : Maha pengasih

8. Khaliq : Maha pencipta (*)

Sumber : trbunnews
Editor : Dedy Suwadha

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND