Kapolres dan Forkopimda Kabupaten Karimun Lakukan Penanaman Berbagai Jenis Pohon Guna Kurangi Dampak Pemanasan Global





WartaKepri.co.id, KARIMUN – Kapolres Karimun AKBP. Yos Guntur Yudi beserta Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq pada Jumat pagi (10/1/2020) dan Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karimun, melakukan penanaman pohon bersama ibu -ibu Bhayangkari, Jalasenastri, Persit, dan juga stekholder baik kecamatan dan personel Polres Karimun, dan juga organisasi masyarakat.

Hal ini tentunya menindaklanjuti program dari Kapolri terkait Polri peduli penghijauan berdasarkan surat Telegram Kapolri nomor 1 ST I 3386 / KEP. / 2019, tertanggal 31 Desember 2019, dan surat Telegram Kapolda Kepri nomor : ST / 03 / I / KEP / 2020, tanggal 3 Januari 2020, Tentang kegiatan penanaman pohon, yang direalisasikan sejak Kamis (09/01/2020) kemarin, penanaman pohon yang dilaksanakan secara serentak di sejumlah Polsek dan puncaknya hari ini di gelar di Polsek Tebing Karimun.

Disela-sela memberikan kata sambutannya, Perwira nomor Wahid dijajaran Polres Karimun AKBP. Yos Guntur Yudi menyebut, sekiranya pohon yang kita tanam agar dapat menghasilkan manfaat serta kemaslahatan bagi kehidupan kita nantinya.

“Penanaman peduli penghijauan ini bertepatan dengan hari lingkungan hidup Indonesia dan gerakan satu juta pohon sedunia,” imbuhnya.

Kapolres Karimun juga mengatakan bahwa, melalui kegiatan penanaman pohon ini diharapkan dapat menjadi satu solusi permasalahan pemanasan global yang terjadi saat ini.

“Suhu udara yang dirasakan semakin panas disebabkan pepohonan di perkotaan sudah jarang terlihat dan sudah digantikan dengan banyaknya gedung tinggi, sehingga kondisi ini dimana sinar matahari tidak dapat diserap, serta tanaman dapat menghasilkan banyak oksigen,” terangnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia pelaksana Polri Peduli Penghijauan, Kompol. M. Chaidir mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut serta mendukung dan membantu sehingga terjalin kerjasama dimana kegiatan ini terselenggara dengan baik.

“Polri peduli penghijauan guna mendukung program diseluruh Mako Polri dan asrama Polri, tidak terkecuali di Polres Karimun, sehingga kegiatan ini mampu memotivasi sekaligus pemahaman terhadap kelestarian lingkungan hidup serta bermanfaat bagi kita hingga ke anak cucu,” ungkapnya.

Seusai Pelaksanaan kegiatan penanaman pohon, Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq menuturkan Pemerintah Kabupaten Karimun sendiri sangat berterimaksih dan memberikan apresiasi kepada pihak Polri, khsusunya kepada pihak Polres Kairmun, dimana dalam kegiatan ini telah melakukan kegiatan penghijauan yang sangat berarti dan sangat penting ini.

“Termasuk pohon buah-buahan yang tentunya pohon-pohon ini akan dapat bermanfaat, dan saya kira apa yang telah dilakukan oleh Polri harus kita contoh dan ikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, agar dapat selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan penanaman pohon, dan tentunya masyarakatnya menjadi sehat,” ujar Bupati yang akan mencalonkan kembali pada Pilkada tahun 2020 ini.

Adapun jenis-jenis pohon yang ditanam sebanyak 1241 bibit pada kegiatan Polri Peduli Penghijauan ini, diantaranya seperti bibit pohon pucuk merah, jagung, mahoni, bintaro, nangka, Matoa, kelengkeng, durian, alpukat, mangga, rambutan, sirsak, kelapa, kedondong, jeruk dan belimbing.

Dengan rincian untuk Polres Karimun sendiri sebanyak 750 bibit, di Polsek Balai Karimun 50 bibit, Polsek Kundur 56 bibit, Polsek KKP 30 bibit, Polsek Meral 210 bibit, Polsek Moro 50 bibit, Polsek Tebing 36 bibit, Polsek Kuba 40 bibit serta Polsek Buru sebanyak 50 bibit Pohon.

Aziz Maulana



PKP DREAMLAND

DEWAN PERS WARTAKEPRI