Setiap Kelurahan Terima Rp 551 juta per Triwulan, Bupati Karimun Ingatkan Tepat Sasaran – WartaKepri.co.id
80 views

Setiap Kelurahan Terima Rp 551 juta per Triwulan, Bupati Karimun Ingatkan Tepat Sasaran

Setiap Kelurahan di Karimun Terima Rp 551 juta per Triwulan. Foto Aziz Maulana





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 130 tahun 2018 serta peraturan Bupati Karimun nomor 46 tahun 2019, sebanyak 29 kelurahan di 12 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Karimun, terkait penggunaan dana kelurahan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di Gedung Nasional, Rabu (26/2/2020).

Bimbingan teknis (Bimtek) yang dibuka secara langsung oleh Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, dilaksanakan oleh Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Karimun dengan menghadirkan narasumber dari Biro Pemerintahan Pemprov Kepri ini, di ikuti oleh seluruh Lurah dan Camat tersebut, bertujuan supaya masing-masing lurah dapat menyalurkan dana Kelurahan tepat sasaran sesuai dengan Permendagri dan Perbup.

“Dengan adanya kucuran dana untuk kelurahan tahun ini, maka pihak kelurahan sendiri sudah dapat memastikan dan melaksanakan kegiatannya sebagaimana arahan dan petunjuk dari Permendagri dan Perbup Karimun tersebut, dalam satu tahun ini minimal 8 atau 9 dilaksanakan kegiatan,” pungkasnya.

Aunur Rafiq mengharapkan agar bimbingan teknis ini dapat dipahami oleh masing-masing Kelurahan dan Kecamatan serta peruntukan ruang kota (PRK), sehingga dalam penggunaan dana kelurahan ini dapat tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Dana Kelurahan tersebut dilakukan dengan sistem swakelola atau sistem padat karya, diharapkan dengan adanya dana yang dikucurkan secara bertahap ini akan mempercepat sekaligus meratakan pembangunan dalam kurun waktu lima tahun ke depan,” imbuhnya.

Bupati menyebut, untuk mengkonsepkannya, prioritas pembangunan Kabupaten Karimun adalah melalui pemerataan yang berkesinambungan pada 12 Kecamatan, 42 desa dan 29 Kelurahan yang tersebar di seluruh Kabupaten Karimun.

“Itu sebabnya, agar pemerataan pembangunan tersebut benar-benar dapat dilakukan dengan adanya dana desa, dana kelurahan serta program-program dari masing-masing OPD di Pemkab Karimun,” ujarnya.

Menurut Rafiq, dana kelurahan tersebut bisa dicairkan setelah masing-masing kelurahan mengajukan sesuai dengan rencana kerja dan anggaran (RKA).

“Artinya, setelah bimbingan teknis ini selesai dilaksanakan, selanjutnya pihak kelurahan terlebih dahulu mengajukan RKA apa saja yang akan menjadi program kinerja, baik itu sarana maupun prasarana penunjang lainnya,” ungkapnya.

sementara itu pada kesempatan yang sama, Kasubag Administrasi Tata Pemerintahan Pemkab Karimun, Riri Oktaviani mengapresiasi kepada para Lurah dan Camat, dimana dengan antusias dan semangat mengikuti pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan dalam waktu satu hari ini.

“Telah diikuti oleh seluruh Lurah dan Camat, baik yang ada di Karimun maupun yang berada dipulau-pulau, dengan antusias,” katanya.

Lebih lanjut Riri menuturkan bahwa, besar harapan agar para Lurah dan Camat, dapat tercapai pembangunan masyarakat yang mandiri, berdaya saing sekaligus berkualitas.

“Kedepannya mampu memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan Kabupaten Karimun di segala sektoral, sehingga mewujudkan masyarkat yang makmur dan sejahtera,” ungkapnya.

Reporter : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

80 views