Menuju Indonesia Maju Pencanangan Gerbangdutas di Anambas Resmi Dibuka Kemenkopolhukam dan Kemendagri – WartaKepri.co.id
289 views

Menuju Indonesia Maju Pencanangan Gerbangdutas di Anambas Resmi Dibuka Kemenkopolhukam dan Kemendagri





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2020 yang mengangkat tema “Percepatan Pembangunan Kawasan Perbatasan Menuju Indonesia Maju” di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, resmi di buka oleh Kemenkopolhukam melalui Deputi IV Pertahanan Negara Kemenkopolhukam Republik Indonesia (RI) Rudianto acara berlangsung di Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Jalan Pasir Peti Kecamatan Siantan, Senin (16/3/2020).

Kegiatan dihadiri antara lain Mayjen TNI Rudianto (Deputi IV Pertahanan Negara Kemenkopolhukam RI), Suhajar Diantoro (Sekretaris BNPP), Lutfi Rauf (Deputi II Pollugri Kemenkopolhukam RI), Dedi Setiadi (Deputi SKK Migas), Judi Indradjaja (Kabid Perkembangan Wil Barat PUPR), Bambang Haryasena (Deputi EVP Telkom), Abdul Haris (Bupati KKA), Wan Zuhendra (Wakil Bupati KKA), Sahtiar (Sekda KKA), AKBP Cakhyo Dipo Alam SIK (Kapolres KKA), Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrahim (Danlanal Tarempa), Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, (Dandim 0318 Natuna), Mayor Laut (T) Arif Budiman (Danlanudal Palmatak), Adies Saputra (Kepala Bapedda Anambas), Andi Agrial (Kabankesbangpol KKA), Eko Desi (Kadishub KKA),Erizal Abdullah (Kemenag KKA), Zairin (Ka. Satpol PP KKA), dan jajaran OPD KKA, diikuti tamu undangan sekitat 200 orang.

Abdul Haris Bupati KKA dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri dari 255 pulau dengan jumlah yang berpenghuni sebanyak 26 pulau dan 5 pulau terluar sebagai tapal batas wilayah. Dengan adanya Gerbangdutas ini diharapkan agar Kabupaten Kepulauan Anambas dapat lebih maju lagi.

Wilayah Kepulauan Anambas memerlukan perhatian khusus sehingga kegiatan Gerbangdutas ini merupakan wujud dari perhatian pemerintah pusat, adapun Permasalahan yang belum dapat teratasi yaitu Telekomunikasi masih belum baik, Kebutuhan air bersih masih sulit dan Ruas jalan yang masih kurang, serta Kesehatan yang wajib Pemerintah Pusat ketahui.

“Kami Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara Gerbangdutas dan berharap Kabupaten Kepulauan Anambas tetap menjadi prioritas untuk pembangunan oleh Pemerintah Pusat,” kata Abdul Haris.

Suhajar Diantoro Sekretaris BNPP dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu tugas BNPP adalah mengkoordinasikan pengelolaan batas negara dan pembangunan kawasan perbatasan negara yang dilaksanakan oleh 27 K/L dan Pemerintah Daerah Perbatasan. Kehadiran BNPP tersebut merepresentasikan hadirnya negara di wilayah perbatasan, baik dalam konteks security maupun prosperity khususnya di daerah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pengelolaan perbatasan negara penting untuk menjamin keutuhan wilayah dan penegakan kedaulatan NKRI, penegakan pertahanan keamanan negara baik nasional maupun regional, membangun daya saing masyarakat perbatasan, dan membangun halaman belakang menjadi beranda depan NKRI.

Dengan telah ditetapkannya RPJMN Tahun 2020-2024 (Perpres No. 18 Tahun 2020), perlu segera ditindaklanjuti dengan refocusing atau pencermatan kembali terhadap target-target pembangunan perbatasan yang belum terlaksana dalam RPJMN Tahun 2015-2019. Segera lakukan penyelarasan program/kegiatan kedalam target Rencana Induk Pengelolaan Kawasan Perbatasan Negara Tahun 2020-2024, serta penjabarannya dalam Renja K/L maupun RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah).

Salah satu fokus dalam RPJMN tersebut adalah menjaga stabilitas keamanan nasional yang dikontribusikan dari penguatan keamanan dalam negeri berupa penguatan pertahanan dan keamanan di perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar, serta penguatan keamanan laut.

Pencanangan Gerbangdutas Tahun 2020 mengambil tema “Percepatan Pembangunan Kawasan Perbatasan Menuju Indonesia Maju”. Hal ini merupakan momentum strategis dalam upaya pengelolaan kawasan perbatasan negara yang terstruktur dan terpadu. Dengan dicanangkannya Gerbangdutas Tahun 2020, kita gulirkan semangat dan komitmen membangun perbatasan sepanjang Tahun 2020. Hal tersebut perlu ditindaklanjuti dengan monitoring dan evaluasi bersama BNPP dan K/L terkait serta mitra kerjanya.

Kegiatan Gerbangdutas di Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau tanggal 16 Maret 2020 merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam menegaskan kedaulatan NKRI, pemerataan pembangunan di kawasan perbatasan negara, serta memperkuat aspek pertahanan dan keamanan.

Kabupaten Kepulauan Anambas yang secara geografis merupakan beranda depan kawasan perbatasan laut di wilayah barat NKRI, menjadi salah satu dasar penetapan sebagai tuan rumah pencanangan Gerbangdutas tahun 2020. Pembangunan kawasan perbatasan negara menjadi tanggung jawab kita semua, untuk itu pemerintah mendorong peningkatan peran aktif seluruh stakeholder dalam membangun kawasan perbatasan negara, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan negara.

Penyampaian sambutan terkait Gerbangdutas Menkopolhukam RI yang disampaikan oleh Mayjen TNI Rudianto (Deputi IV Pertahanan Negara Kemenkopolhukam RI) mengatakan bahwa Wilayah perbatasan negara merupakan pagar NKRI. Kemenkopolhukam RI dalam hal ini kami terutama Deputi IV Bidang Pertahanan Negara menyampaikan bahwa perbatasan negara perlu dijaga dan dibangun dengan baik.

Pembangunan tidak harus selalu identik dengan penyediaan anggaran untuk infrastruktur, namun dapat pula diterjemahkan sebagai pengembangan/pengelolaan sumber daya dan potensi yang ada di kawasan perbatasan untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam konteks pembangunan perbatasan, percepatan pembangunan kawasan perbatasan secara bertahap telah dimulai dengan membuka keterisolasian dan mengurangi ketertinggalan di kawasan perbatasan. Hal tersebut antara lain melalui peningkatan aksesibilitas ke wilayah perbatasan dan PulauPulau Kecil Terluar (PPKT), seperti Sarpras Perhubungan, Transportasi, dan Telekomunikasi; serta pemenuhan Sarpras layanan sosial dasar di bidang Pendidikan dan Kesehatan, Energi Listrik, Sarana Air Bersih, Pemukiman dan Perumahan; Pengembangan Perekonomian berbasis Potesi Lokal dan Produk Unggulan; Pengelolaan dan Pengamanan Batas Wilayah, serta Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu.

Adapun kebijakan dan keberhasilan pembangunan Wilayah Perbatasan 5 (Lima) tahun sebelumnya telah terdapat pada notulen Bapak Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP yang disampaikan dengan diwakili oleh Suhajar Diantoro (Sekretaris BNPP) yaitu Penyelesaian Batas Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN), Pembangunan Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN), dll. Mari kita apresiasi atas capaian tersebut.

Peran pemerintah pusat sangat penting untuk wujudkan beranda depan NKRI. Kementerian PUPR, Kesehatan, Perhubungan, Pendidikan, Pertahanan, Kelautan dan Perikanan, Pertanian, Koperasi dan UMKM, Perdagangan, ESDM, serta tidak saya sebutkan satu persatu (27 K/L) sebagai anggota BNPP harus bersama-sama membangun kawasan perbatasan.

Tugas tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab pusat, tapi peran para Gubernur selaku wakil pemerintah pusat, yang dibantu oleh Bupati, sangat diperlukan dalam mengkoordinasikan pelaksanaan pembangunan perbatasan berdasarkan pedoman pemerintah pusat dan prioritas Pemda khususnya Kab. Kep. Anambas.

Dengan demikian, Kegiatan Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan Tahun 2020 Bertema “Percepatan Pembangunan Kawasan Perbatasan Menuju Indonesia Maju” dinyatakan resmi telah dibuka dan dilaksanakan.(Rama).



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

289 views