Total Positif Corona Tembus 172 Orang, Satu Positif Dirawat di Rumah Sakit Provinsi Kepri

456

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Pemerintah mengumumkan penambahan pasien sebanyak 38 pasien positif virus corona di Indonesia. Data Selasa (17/3/2020) ini, total kasus orang yang terinfeksi virus korona sebanyak 172 orang. 

Angka melonjak cukup tinggi, dari jumlah terakhir pada Senin (16/3/2020) kemarin sebanyak 134 kasus positif virus corona.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, menjelaskan bahwa tambahan kasus positif berasal dari pemeriksaan oleh Litbang Kemenkes sebanyak 32 kasus dan pemeriksaan oleh laboratorium penyakit menular Universitas Airlangga, Surabaya sebanyak 6 kasus.

“Total 172 kasus di mana kasus meninggal tetap 5 orang,” jelas Yuri dalam keterangan pers, Selasa (17/3/2020).

Yuri menyebutkan, penambahan pasien positif Covid-19 terbanyak berasal dari DKI Jakarta, kemudian diikuti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kepulauan Riau. Yuri menjelaskan, seluruh kasus baru rata-rata memiliki gejala ringan hingga sedang.

“Dari 172 kasus terbanyak di DKI, kami maklumi bahwa pintu gerbang di DKI cukup besar, dan mobilitas penduduk sangat tinggi dan kemungkinan terjadinya kontak dari kasus positif cukup besar. Ini bentuk tracing yang dilakukan jajaran Dinkes DKI,” katanya.

Sementara untuk pasien yang dinyatakan sembuh, per hari ini berjumlah 9 orang dan telah diberi izin pulang dengan syarat melakukan pengurungan diri di rumah.

Pemerintah, juga menyiagakan rumah 109 rumah sakit milik TNI, 53 rumah sakit milik Polri, dan 65 rumah sakit milik BUMN untuk melakukan perawatan bagi penderita Covid-19.

Beberapa rumah sakit swasta juga dilibatkan untuk ikut melayani pemeriksaan dini dan perawatan, termasuk RS Pertamina Jaya yang mendedikasikan seluruh tempat tidurnya bagi pasien Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana membenarkan adanya satu pasien positif virus Corona di Provinsi Kepri. 
Pasien tersebut saat ini sedang menjalani perawatan di RSUP Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang.

“Iya ada satu pasien positif,” katanya, Selasa (17/3/2020).

Ia menyampaikan, konferensi pers akan digelar pada sore hari ini.

Beredar informasi, kalau pasien positif corona di Kepri tinggal di Kota Tanjungpinang, tepatnya di Kecamatan BST, dan berkaitan pernah melukan perjalanan ke Malaysia.(*)

Sumber : net/tbnews.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI

FANINDO

FANINDO

PKP HIMALAYA