Cegah Virus Corona #DirumahAja Tapi Ini Saatnya Bersih Area Rumah, Ini Cara Jitunya – WartaKepri
457 views

Cegah Virus Corona #DirumahAja Tapi Ini Saatnya Bersih Area Rumah, Ini Cara Jitunya

foto: jakartakita.com

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id – #DirumahAja atau Work From Home, mungkin waktu bagi Anda sekeluarga bersih bersih rumah. Dari pada duduk atau tidur, mungkin mewaspadai area rumah Anda agar tidak terkontaminasi virus Corona bisa dilakukan secara berkala atau mungkin setiap hari.

Tentu perlu lebih dulu memahami bagaimana pembersihan dapat membantu mencegah penyebaran penyakit dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko infeksi di rumah Anda.

Coronavirus ditularkan dari orang ke orang melalui tetesan kecil air liur atau cairan tubuh lainnya yang melayang di udara setelah batuk atau bersin.

Benda dan permukaan yang terkontaminasi juga penting dalam penularan penyakit. Tidak sepenuhnya jelas peran apa yang mereka mainkan dalam mentransmisikan virus corona baru, tetapi mereka memainkan peran penting untuk virus terkait seperti SARS dan MERS.

Namun, masuk akal bahwa sesuatu yang terkontaminasi dengan virus dapat menularkannya, misalnya jika seseorang menyentuhnya dan kemudian menyentuh hidung, mulut atau wajah mereka.

Jadi, jika seseorang yang berisiko memiliki virus telah ada di rumah Anda, membersihkan untuk mengurangi jumlah kontaminasi pada permukaan dapat membantu mengurangi risiko penularan virus corona lebih lanjut.

Sebuah studi menemukan bahwa COVID-19 dapat tetap di udara dalam bentuk aerosol (biasanya terjadi saat perlakuan medis di rumah sakit) hingga 3 jam, dan hidup di permukaan seperti kardus hingga 24 jam dan plastik dan stainless steel hingga 3 hari.

Berikut cara membersihkan dan mensterilkan rumah Anda selama wabah virus corona baru:

Dilansir dari Healthline, Jason Tetro, ahli mikrobiologi dan pembawa acara Super Awesome Science Show ,mengatakan di rumah, kamar mandi dan dapur selalu merupakan area yang mengandung kuman.

Becky Rapinchuk , yang memulai blog Clean Mama dan lini produk dengan nama yang serupa juga setuju dengan Tetro. Ketika ke kamar mandi dan dapur, Becky mengatakan agar fokus pada lemari dan tombol-tombol laci, tarikan, serta bagian depan.

Di dapur, katanya, penting juga membersihkan gagang dan bagian depan peralatan, seperti lemari es, mesin cuci piring, oven, dan pemanggang roti.

Area lain, di rumah pun harus mendapatkan pembersihan yang baik termasuk yang sering disentuh seperti: remot kontrol, stik gim, keyboard dan mouse komputer. Telepon seluler dan telepon rumah, sakelar lampu dan sakelar pelat, kenop pintu dan pintu atau pagar.

Becky membersihkan area dalam kelompok tersebut dengan langkah dari atas ke bawah, dari kiri ke kanan.

Becky mengatakan supaya tidak ada area atau permukaan yang terlupa atau kelewatan saat sedang membersihkan, Becky membaginya dalam kelompok-kelompok. Semisal kelompok saklar lampu, kelompok gagang pintu, kelompok tarikan laci dan lain-lain.

Sehingga apabila satu kelompok benda selesai, ia baru akan mulai dengan benda yang lain. Dengan begitu tak ada yang tertinggal.

Untuk permukaan meja dapur atau meja lainnya, penting untuk membersihkan benda di atasnya pula dengan lap maupun semprotan. Dan apabila Anda masih sibuk bekerja untuk melakukan banyak kegiatan bersih-bersih tersebut, cukup bersihkan barang penting seperti peralatan makan atau gagang pintu.

Jenis Produk Pembersih

Tetro mengatakan sebagian besar produk pembersih di pasaran efisien dalam membersihkan permukaan. “Tapi kamu harus meninggalkannya di permukaan selama sekitar 10 menit untuk memastikan itu membunuh segalanya. Dan menambahkan soda kue tidak akan membantu, ” katanya.

Menggunakan vodka mungkin juga tidak membantu, ia menambahkan, karena Anda membutuhkan alkohol minimum 62 persen untuk dapat membersihkan permukaan secara efektif.

Untuk membuat semprotan pembersih serbaguna, Becky merekomendasikan untuk mencampur bahan-bahan berikut ke dalam botol semprot:
– 1 1/4 gelas air
– 1/2 cangkir cuka putih
– 10 tetes minyak esensial favorit Anda (opsional)

Semprotkan dengan bebas pada permukaan dan lap bersih dengan kain pembersih yang lembut. Secara umum, yang Anda butuhkan hanyalah pembersih serba guna dan kain pembersih microfiber atau handuk pel untuk membersihkan sebagian besar area yang paling disentuh ini.

Pembersih serba guna dapat disemprotkan langsung ke kain pembersih Anda dan kemudian area tersebut dapat dibersihkan. “Semprotkan, bersihkan, ulangi,” kata Becky.

Saran

Ingatlah bahwa permukaan memainkan peran dalam mentransmisikan patogen, jadi mencegahnya agar tidak terkontaminasi sama pentingnya dengan membersihkan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jumlah kontaminasi permukaan di rumah Anda:

Tutupi saat batuk dan bersin, idealnya dengan tisu tetapi bisa dengan ke siku Anda, dan segera cuci tangan Cuci tangan sesering mungkin, terutama setelah pergi ke kamar mandi dan sebelum makan. (Merdeka.com)

Editor : Dedy Suwadha

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA