Bupati Natuna Pimpin Satgas Covid – 19 sambangi Kecamatan Serasan dan Subi

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.CO.ID – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) yang menjadi wabah global saat ini, Pemerintah Daerah dituntut untuk mensosialisasikan kondisi terkini serta penanganan yang pada gilirannya diharapkan mampu meningkatkan kepedulian masyarakat.

Rabu (01/04) Rombongan Pemerintah Kabupaten Natuna dan Satuan Gugus Tugas Pengamanan Covid-19 menyambangi Kecamatan Serasan dan Kecamatan Timur, untuk menggelar pertemuan dengan pihak Pemerintah Kecamatan, para tenaga medis dan masyarakat setempat.

Bertempat di Gedung Serbaguna BPMKS Kelurahan Serasan Kecamatan Serasan, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dalam sambutannya menyampaikan untuk saat ini Pemerintah Pusat telahpun menginstruksikan kepada setiap kepala daerah untuk memimpin Satuan gugus tugas penanganan Covid – 19 disetiap daerah masing-masing.

Namun Hamid mengakui bahwa sesolid apapun Satgas yang dibentuk, tidak akan membuahkan hasil yang maksimal jika masyarakat tidak merespon berbagai strategi penanganan yang sedang dijalankan.

Untuk itu Hamid berharap agar seluruh masyarakat dapat mendukung dan peduli terhadap upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Covid – 19, dengan tetap menjaga kesehatan, menghindari keramaian, tetap dirumah jika tidak ada keperluan mendesak serta segera melaporkan ke pos kesehatan jika merasa mengalami gejala-gejala awal Covid – 19.

Selain itu, kedepan di setiap pelabuhan Kapal Pelni khususnya akan ditempatkan para tenaga medis dan instansi lintas sektoral maupun organisasi yang tergabung dalam upaya penanganan Covid – 19,

akan melakukan pengecekan kesehatan bagi setiap penumpang yang datang ke daerah serta akan dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari, terutama bagi penumpang yang datang dari daerah dalam kategori terpapar virus tersebut.

dalam kesempatan yang sama Camat Serasan, Wendriady melaporkan bahwa Kecamatan Serasan juga telah membentuk tim satgas Covid-19, melakukan beberapa langkah pencegahan dan upaya memutus mata rantai penyebarannya.

Diantara langkah yang dilakukan adalah melakukan penutupan jalur laut yang menuju ke Sematan (Malaysia timur) dan mengurangi jalur laut tujuan Kalimantan Barat.

Selain itu juga saat ini telah ditempatkan petugas medis untuk melakukan pengecekan kesehatan di pelabuhan yang ditugaskan pada setiap jadwal kedatangan dan keberangkatan Kapal Penumpang di Kecamatan Serasan.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Natuna menyerahkan bantuan Alat Kesehatan bagi para petugas medis di Kecamatan Serasan dan Serasan Timur, berupa Rapid Test, Alat Pelindung Diri (APD, selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan bahan pangan berupa beras kepada masyarakat kategori kurang mampu.

Setelah menggelar kegiatan di Kecamatan Subi, rombongan selanjutnya bertolak ke Kecamatan Subi dengan tujuan kegiatan yang sama, yakni menggelar pertemuan dengan pihak Pemerintah Kecamatan, para tenaga medis dan masyarakat serta menyerahkan bantuan-bantuan bagi upaya bersama memutus mata rantai penyebaran Covid -19 di Kabupaten Natuna. (hms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG