Marlin Gaungkan Keluarga Harmonis untuk Jaga Batam Nyaman, Damai, & Aman

126

WARTAKEPRI.CO.ID, WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) kerap mengimbau agar masyarakat menjaga Kota Batam tetap nyaman, damai, dan aman. Semua ini bisa tercipta dimulai dari keluarga.

Hal itu disampaikan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam Hj Marlin Agustina dalam wawancara usai mendampingi Walikota Batam HMR membagikan seragam gratis bagi peserta didik baru tingkat SD di Kecamatan Seibeduk, Selasa (11/8/2020) siang.

Bantuan tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Riau Kepri yang disalurkan melalui Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

“Untuk itu keluarga harus harmonis. Sebab sebagai struktur terkecil dari pemerintahan, keluarga menjadi benteng utama dan pertama menjaga ketahanan negara. Bila keluarga harmonis, dampaknya akan terasa di sekitar masyarakat,” jelas Marlin.

Untuk itu lanjutnya, diperlukan peran besar seorang ibu rumah tangga.

“Ingat, ibu adalah madrasah pertama anak-anaknya. Dari sanalah generasi penerus ini dididik,” jelas Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Batam ini.

Sebagai madrasah atau sekolah, ibu rumah tangga diharapkan memiliki kemampuan dan kemauan memilah dan memilih berbagai informasi yang masuk dalam keluarga.

“Jadi balik lagi ke ketahanan keluarga, bila tak bijak memilah informasi, maka informasi tidak benar dapat menimbulkan konflik lingkungan bahkan sosial. Akhirnya, rasa aman, nyaman, tenteram dan damai pun akan hilang,” urai Marlin.

Terakhir Marlin mengingatkan untuk meningkatkan kualitas keluarga, dengan memenuhi 5 pilar dalam indikator ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Yaitu, keutuhan dan kesetaraan gender, ketahanan fisik, ketahanan ekonomi, ketahanan psikologi, dan ketahanan sosial budaya. ***

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND