Menteri Agama Fachrul Razi Terkonfirmasi Positif Covid-19, Hakim MTQ Kepri dari Jakarta Juga Positif

670
Fachrul Razi. Foto istimewa

WARTAKEPRI.co.id – Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini ia menjalani isolasi di rumah sakit.

“Beliau kondisinya baik. Agar proses pemulihan lebih optimal, beliau menjalani proses isolasi dan perawatan di rumah sakit,” kata Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal, Senin (21/9/2020).

Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif Covid-19 setelah melakukan tes usap pada 17 September 2020. “Untuk lokasi rumah sakit, kami mohon pengertian saudara-saudara sekalian belum bisa kami informasikan. Karena kami ingin bapak istirahat dan sembuh total dulu,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Jubir Kementerian Agama Oman Fathurrahman. Menurutnya, Menag sementara ini akan fokus menjalani proses isolasi dan pemulihan kesehatan.

Untuk pelaksanaan tugas birokrasi, Menag sudah mengkoordinasikan sekaligus mendelegasikan tugas tersebut kepada Wakil Menteri Agama, serta memberi arahan kepada para pejabat terkait.

“Siapapun bisa terkena Covid-19, tidak ada kecuali, mari kita saling berempati, saling menguatkan, dan berikhtiar dengan mematuhi protokol kesehatan. Semoga pandemi ini bisa segera teratasi,” ujar Oman.

Hakim MTQ Kepri dari Jakarta Positif

Seorang dewan hakim pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Kepri dinyatakan positif Covid 19. Dewan hakim yang dimaksud berasal dari Jakarta. Tidak hanya terhadap dewan hakim tersebut, tapi dua pendampingnya juga dinyatakan terkonfirmasi covid, sehingga sudah ditangani medis di RSUP Kepri.

Sekda Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah melalui rilis resminya menyebutkan, pelaksanaan MTQ Provinsi Kepri ke VIII diawasi oleh 200 petugas gabungan, dalam hal ini terdiri dari TNI dan Polri, Satpol PP dan anggota Gugus Tugas, yang bertugas menegakkan protokol kesehatan. Mereka bersikap humanis dalam menegakkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

Sehingga sebelum pelaksanaan MTQ Provinsi Kepri ke VIII digelar, terlebih dahulu dilakukan upaya screening terhadap seluruh orang-orang yang terlibat dalam kegiatan itu, seperti panitia penyelenggara, petugas gabungan, Dewan Hakim/Juri, peserta dan tamu yang diundang.

Dimana tes kesehatan dilakukan dengan metode rapid test dan PCR. Pengambilan swab hanya dilakukan kepada mereka yang berasal dari daerah zona merah.

“Sehingga berdasarkan tindakan yang telah dilakukan, maka berhasil mendeteksi satu orang anggota Dewan Hakim yang terkonfirmasi Covid 19, berikut dua orang pendampingnya. Sehingga tiga orang terkonfirmasi itu telah diambil tindakan medis di RSUP Kepri,” ucap Arif Fadillah, Minggu (20/9).

Dikatakan Arif, tenaga kesehatan melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang kontak erat dengan pasien tersebut.

“Untuk pelaksanaan MTQ Provinsi Kepri tetap berjalan. Setelah dilakukan koordinasi dengan dewan hakim, maka dilakukan pergantian terhadap anggota dewan hakim yang terkonfirmasi positif. Dalam hal ini kami memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara, petugas gabungan dan wartawan yang sangat mendukung penyelenggaraan MTQ ini,” ungkap Arif. (*)

Editor : Dedy Suwadha

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN