TMMD ke-109 tahun 2020 Kodim 0317 TBK Buat Jalan Baru di Pulau Buru Karimun

216
TMMD ke-109 tahun 2020 Kodim 0317 TBK Buat Jalan Baru di Pulau Buru Karimun

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka secara resmi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109, tahun 2020 wilayah Kodim 0317/TBK, yang digelar di gedung Nasional, Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (22/9/2020).

Upacara pembukaan TMMD ke-109 yang di hadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karimun berlangsung khidmat, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.

Seusai upacara pembukaan TMMD ke-109, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan ucapan terimakasih sekaligus mengapresiasi dengan dilaksanakannya kembali TMMD ke-109 diwilayah Makodim 0317/ Tanjungbalai Karimun tahun 2020 tersebut, selama kepemimpinannya yang sudah dilaksanakan tiga kali.

“Karena kehadiran TNI-AD pada pelaksanaan kegiatan TMMD tidak semata-mata membangun Desa, tetapi juga sebagai sumber aspirasi bagi masyarakat dalam meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial diwilayah masing-masing,” tandasnya.

Tidak hanya itu, Rafiq juga mengungkapkan melalui TMMD ini, mampu mengembangkan komunikasi sosial yang persuasif kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Pada pelaksanaan TMMD sekiranya mampu memotivasi tekad dan semangat masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri, sekaligus menumbuhkembangkan kesadaran tertib hukum yang berlaku dalam kehidupan masyarakat,” ungkap Rafiq.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Dandim 0317/TBK Letkol Inf Denny memaparkan, pada program rencana kegiatan TMMD ke-109 wilayah Kodim 0317/TBK tersebut, lebih difokuskan pada pembuatan ruas jalur, jalan tembus sepanjang 3040 meter yang menghubungkan antara Desa Parit Sembilan, dengan Desa Lubuk Puding, Kelurahan Buru, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

“Selain itu juga akan dibangun tiga unit box culvert, dengan panjang 2,5 meter dan lebar 6 meter,” kata Denny.

Selain itu, Denny juga menyampaikan pada pelaksanaan TMMD ke-109 tahun 2020, juga digelar kegiatan non fisik.

“Yaitu berupa penyuluhan dan sosiliasi, diantaranya bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum dan kamtibmas, narkoba, keagamaan, KB kesehatan, perikanan, peternakan, lingkungan hidup dan kehutanan, penyuluhan sekaligus sosialisasi kegiatan PKK, pelayanan publik dan kependudukan, bahaya teroris serta bahaya paham radikalisme,” sebut Denny.

Bupati Karimun Aunur Rafiq juga berkesempatan menyerahkan secara simbolis perangkat kerja TMMD ke-109 kepada perwakilan prajurit dan masyarakat berupa cangkul dan skop.

Pada pelaksanaan TMMD ke-109 tahun 2020 ini, Kodim 0317/TBK telah menerjunkan sebanyak 250 orang personil, dibantu Polri beserta warga untuk menggarap program pengerjaan TMMD, dilakukan selama kurun waktu satu bulan penuh hingga Kamis, 21 Oktober 2020 mendatang.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN