Marlin Paparkan Pentingnya Pendidikan Karakter Sambut Bonus Demografi Indonesia Emas

197
Marlin Paparkan Pentingnya Pendidikan Karakter Sambut Bonus Demografi Indonesia Emas

WARTAKEPRI.co.id – Penasihat Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Batam Hj Marlin Agustina menekankan pentingnya pendidikan karakter dalam membangun sumber daya manusia Kota Batam.

Hal ini disampaikan Marlin yang juga Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam tersebut saat membuka Tabligh Akbar BKMT, Permata dan Majlis Taklim bersama Habib Azhar Bin Alwi Assegaf, di lantai 2 Sunbread, Kelurahan Sungaiharapan, Kecamatan Sekupang, Sabtu (26/9/2020),
pukul 13.00 WIB.

“Dalam kunjungan saya sebagai Bunda PAUD, selalu saya ingatkan, ayo bangun karakter. Tanpa (pendidikan) karakter, kita tidak bisa menyiapkan manusia yang baik. Sebab, karakter adalah fondasi pembangunan manusia,” jelas Marlin.

Menurut Marlin, pendidikan karakter ini beragam levelnya. Lebih dari 3 jenjang pendidikan, mulai PAUD, SD, SMP, dan SMA, hingga masyarakat umum, memiliki materi berbeda.

“Khusus pembangunan karakter di masyarakat, saya lakukan dengan cara pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan batik Batam,” jelasnya

Bila pendidikan karakter sudah beres, lanjut Marlin, maka kita sudah tak gagap lagi menyambut generasi emas tahun 2045.

Di saat Indonesia sudah berumur 100 tahun itulah, Batam khususnya memiliki bonus demografi sumber daya manusia (SDM) yang besar.

Itulah yang disebut harta karun bernama “bonus demografi”, yaitu jumlah penduduk Indonesia 70%-nya dalam usia produktif (15-64 tahun), sedangkan sisanya 30% merupakan penduduk yang tidak produktif (usia di bawah 14 tahun dan di atas 65 tahun) pada periode tahun 2020-2045.

“Ayo siapkan anak-anak kita ke depan untuk menghadapi Indonesia Emas, agar siap menghadapi masa depan yang gemilang,” ucapnya.

Terakhir Marlin mengingatkan agar masyarakat mematuhi 3 M dalam protokol kesehatan, terkait tingginya kasus Covid-19 di Kota Batam. “Jangan lupa memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan,” pesannya.(*/r)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN