Unit Reskrim Polsek Lubuk Baja Ringkus Pelaku Jambret di Persimpangan RS Awal Bros

WARTAKEPRI.co.id, BATAM–Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Lubuk Baja, meringkus pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan jambret yang terjadi pada Jumat 18 Desember 2020 di Pinggir Jalan Gajah Mada Persimpangan Rumah sakit Awal Bros, Lubuk Baja, kota Batam.

Kapolsek Lubuk Baja Kompol Arya Tesa Brahmana, S.IK membenarkan kejadian tersebut, bahwa pada hari Jumat tanggal 18 Desember 2020 sekira pukul 22.00 Wib, Unit Reskrim Polsek Lubuk Baja yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Lubuk Baja IPTU Haris Baltasar Nasution, S.T.K dan Panit 1 Reskrim Polsek Lubuk Baja IPDA Ahmad Nasal Harahap, S.E telah mengamankan 1 (satu) orang laki-laki dewasa sebagai pelaku dalam tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Jambret).

“Identitas tersangka diantaranya sebagai berikut Ramli Aritonang alias Ngege
tempat tanggal lahir Medan Sumut (33) Tahun, agama kristen pekerjaan tukang parkir, alamat rumah Liar Bukit Senyum Kecamatan Batu Ampar Kota Batam,”terang Kompol Arya Tesa Brahmana, S.IK Sabtu (19/12/2020) Siang .

PKP EXPO

Atas dasar laporan Polisi Nomor : LP-B / 191 / XII / 2020 / Kepri / Res / SPKT-Polsek Lubuk Baja, tanggal 18 Desember 2020. Waktu kejadian, pada hari Jumat tanggal 18 Desember 2020 sekira pukul 22.00 Wib. Tempat kejadian, di Pinggir Jalan Gajah Mada (Persimpangan Rs. Awal Bros) Kec. Lubuk Baja – Kota Batam.

Dengan identitas korban Tomy Lim TTL : Lubuk Linggau (Sumsel) / 22 Juli 1958 62 Tahun) Agama : Kristen Pekerjaan Wiraswasta Alamat Komp. Kanaan Indah Blok B No. 05 Kel. Baloi Indah Kec. Lubuk Baja – Kota Batam.

Kronologis kejadian, berawal pada hari Jumat tanggal 18 Desember 2020 sekira pukul 20.00 Wib, saat itu pelapor sedang melaksanakan jogging dengan melalui rute simpang jam hingga ke Edukits – Batam Centre. Setelah selesai melaksanakan jogging, pelapor pun kembali lagi menuju ke rumah pelapor yang beralamat di Komp. Kanaan Indah Blok B No. 05 Kec. Lubuk Baja Kota Batam dengan berjalan kaki.

“Kemudian pada saat melewati jalan menuju ke rumah, pelapor pun melewati jalan tersebut di tepian karena berjalan melawan arah. Pada saat melewati tepian tersebut, tiba-tiba datang dari arah depan sebuah sepeda motor yang dikendarai oleh 2 (dua) orang yang pelapor tidak kenali dan langsung memepet pelapor yang pada saat itu sedang berjalan.

Kemudian terhadap terduga pelaku yang dibonceng langsung merampas handphone milik pelapor (Handphone dengan Merk/ Type Iphone 6 Plus warna Rose Gold dengan No. IMEI 1 : 359240060353918) yang pelapor simpan di saku baju sebelah kiri yang pelapor kenakan sehingga pelapor pun langsung menendang sepeda motor milik korban yang mengakibatkan pelapor terjatuh ke aspal.

Akibat kejadian tersebut, pelapor mengalami kehilangan 1 (satu) unit Handphone dengan Merk/ Type Iphone 6 Plus warna Rose Gold dengan No. IMEI 1 : 359240060353918 yang ditaksir kerugian sebesar Rp. 3.500.000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) serta mengalami luka lecet pada bagian lutut sebelah kanan.

KRONOLOGIS SINGKAT Polisi berhasil melakukan penangkapan berawal dari laporan tersebut, kemudian Unit Reskrim Polsek Lubuk Baja yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Lubuk Baja IPTU HARIS BALTASAR NASUTION, S.T.K dan Panit 1 Reskrim Polsek Lubuk Baja IPDA AHMAD NASAL HARAHAP, S.E yang pada saat itu sedang mobiling di belakang Rs. Awal Bros langsung melakukan penyelidikan. Berdasarkan petunjuk dan juga ciri-ciri yang dijelaskan oleh korban, telah dilakukan pengintaian dan pencarian terhadap diduga pelaku.

“Pada saat melakukan pencarian, didapati bahwa 1 (satu) orang laki-laki dengan gerak-gerik mencurigakan sedang berlari di depan Rs. Awal Bros. Mengetahui hal tersebut, pelarian terhadap diduga pelaku dihadang dan kemudian tim berhasil melakukan penangkapan terhadap 1 (satu) orang laki-laki dewasa yang diduga sebagai pelaku. Selanjutnya terhadap diduga pelaku di bawa ke Kantor Polsek Lubuk Baja guna dilakukan pengembangan lebih lanjut.

Adapun barang bukti yang diamankan 1 Unit Sepeda Motor dengan Merk/ Type Suzuki Satria FU warna Hitam dengan No. Polisi : BP 6988 DC, dengan No. Rangka MHBG41CABJ666718 dan No. Mesin G420-ID726357, 1 (Satu) Buah Kunci Sepeda Motor, 1 (Satu) unit Handphone dengan Merk/ Type Iphone 6 Plus warna Rose Gold dengan No. IMEI 1, 359240060353918, 1 (Satu) buah Headset berwarna Putih.

Terhadap tersangka Ramli Aritonang alias Ngege merupakan residivis kasus diantaranya tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Jambret) tahun 2017 sebanyak 1 (satu) kali di wilayah Batam Kota, tindak pidana Pertolongan Jahat (Penadah) Tahun 2019 sebanyak 1 (satu) kali di wilayah Lubuk Baja.

Menindaklanjuti laporan tersebut Polisi akhirnya mendatangi Tempat kejadian perkara, melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, mengamankan Barang Bukti. Rencana tindak lanjut yakni proses lanjut, Percepat Pemberkasan, Kirim ke JPU.(*)

Kiriman: Taufik Chaniago

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24