Militer Myanmar Umumkan Darurat Militer 1 Tahun Kedepan, Telekomunikasi Diputus

Militer Myanmar Umumkan Keadaan Darurat 1 Tahun
Militer Myanmar Umumkan Keadaan Darurat 1 Tahun

WARTAKEPRI.co.id, MYANMAR – TV Militer Myanmar Myawaddy TV mengumumkan keadaan darurat militer hingga 1 tahun kedepan. Dengan demikian aksi Kudeta di Myanmar pada Senin (1/2/2021) terkonfirmasi kebenarannya.

Pihak militer telah menunjuk seorang jenderal sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Presiden dan mengumumkan keadaan darurat hingga 1 tahun. Pengumuman muncul setelah pemimpin de facto Daw Aung San Suu Kyi dan para pejabat tinggi termasuk Presiden U Win Myint ditangkapi para tentara dari rumah mereka dini hari tadi.

Belum jelas siapa sosok jenderal yang ditunjuk sebagai Plt Presiden. Dalam pengumumannya militer mengatakan deklarasi keadaan darurat diperlukan untuk menjaga “stabilitas” negara. Militer juga menuduh komisi pemilihan umum (pemilu) negara gagal menangani “kecurangan besar” dalam pemilu November 2020 lalu.

BACA JUGA Kudeta Militer Myanmar, Tentara Dilaporkan Tahan Aung San Suu Kyi dan Presiden Win Myint

Partainya Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang berkuasa, menang telak dalam pemilu November tahun lalu. Namun, kubu militer tidak mengakuinya dan menuduh pemilu dicurangi.

NLD telah membenarkan bahwa para pejabat tinggi ditangkapi tentara dari rumah-rumah mereka.

Juru bicara NLD, Myo Nyunt, kepada Reuters, menyerukan orang-orang Myanmar untuk tidak bertindak gegabah. “Saya ingin memberi tahu orang-orang kami untuk tidak menanggapi dengan gegabah dan saya ingin mereka bertindak sesuai dengan hukum,” katanya.

Dia juga menduga bahwa dirinya akan segera ditangkap. Nyunt mengatakan kepada AFP bahwa dia sangat mengkhawatirkan nasib Suu Kyi dan Presiden Win Myint.

“Dengan situasi yang kami lihat terjadi sekarang, kami harus berasumsi bahwa militer sedang melakukan kudeta,” katanya.

Saluran telepon ke Naypyitaw, Ibu Kota Myanmar, sudah putus setelah laporan dugaan kudeta diberitakan media seluruh dunia.(*)

Sumber : Sindo

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMKO BATAM FANINDO Combo Sakti Telkomsel