Tim 9 Desak DPRD Gelar Rapat Khusus Bahas Pemekaran Provinsi Natuna

121
Tim 9 Desak DPRD
Tim 9 Desak DPRD Gelar Rapat Khusus Bahas Pemekaran Provinsi Natuna. (Photo: Riky/WartaKepri)

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Tokoh dari pergerakan Tim 9 perjuangan pemekaran provinsi khusus Natuna terus bergerak maju mewujudkan daerah otonomi baru (DOB).

Tim 9 berharap segera DPRD Natuna mengadakan rapat khusus antara Bupati, DPRD, Tim 9 serta sejumlah elemen lain untuk menyatukan persepsi dan langkah untuk perjuangan Natuna dan Anambas menjadi provinsi.

Selain itu, rapat khusus juga dimaksudkan untuk menetapkan tim bersama junjungan ke Anambas dalam rangka silaturahim dan persiapan Mubes masyarakat Natuna-Anambas.

“Kami mendorong Mubes masyarakat Natuna-Anambas, hal itu menjadi penting karena di forum itulah akan disepakati tentang nama provinsi, tim perjuangan, cakupan wilayah dan strategi perjuangan,” ujar salah satu penggerak Tim 9, Umar Natuna di Ranai, Kamis (11/3/2021).

Umar Natuna mengatakan Tim 9 sudah berkali-kali menyampaikan usulan tersebut. Sebelumnya, tanggal 28 Februari 2020 Tim 9 sudah menyampaikan agar DPRD melaksanakan rapat tersebut.

“Untuk itu kita harapkan agar segera rapat khusus antara Bupati, DPRD, Tim 9 dan elemen masyarakat lain seperti Camat dan Kades,” sebutnya.

Sebelumnya, para tokoh dari pergerakan Tim 9 perjuangan pemekaran provinsi khusus Natuna telah melakukan audiensi terbuka bersama DPRD Natuna, pada Selasa (9/3/2021) di ruang paripurna DPRD Natuna.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar, menyebut sekaligus mendengarkan pendapat dan pandangan Tim 9 terkait langkah dan persiapan perjuangan pemekaran.

Menanggapi aspirasi tersebut, Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar mengatakan akan menindaklanjutinya. DPRD akan meneruskan aspirasi ini ke pemerintahan.

Umar Natuna mengatakan rencana pemekaran ini telah tertuang dalam rembuk bersama di halaman STAI Natuna pada tanggal 23 Januari 2020 lalu.

Sebelumnya, tokoh masyarakat Kepri, Ansar Ahmad kini menjadi Gubernur Kepri 2021-2024, pada kunjungan ke Natuna pernah memberi sinyal atas pemekaran Natuna menjadi provinsi.

Pada catatan jurnalis Natuna, Ansar Ahmad menilai, dengan dijadikannya Natuna sebagai provinsi, secara geografis akan memperkuat pertahanan di garda terdepan NKRI yang sering kali diusik oleh negara-negara tetangga yang berbatasan langsung dengan wilayah Natuna.

Diakhir penyampaiannya, Ansar berjanji akan merangkum semua aspirasi masyarakat Natuna yang sudah disampaikan kepada dirinya dan akan melanjutkannya ke tingkat DPR RI. (rky)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel