Penegakan Hukum Perairan Karimun, Satpolairud gelar Patroli Bersama Instansi Maritim

260
Patroli untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan wilayah Perairan Karimun, dengan menjalin sinergitas bersama instansi terkait lainnya. (Foto : Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Guna menjaga pengawasan di wilayah hukum perairan Karimun, Satpolairud Polres Karimun bersama instasi maritim lainnya menggelar patroli gabungan, Kamis (10/6/2021).

“Patroli ini untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan wilayah Perairan Karimun, dengan menjalin sinergitas bersama instansi terkait lainnya,” terang Kasat Polairud Polres Karimun, Iptu Sabar Binsar Samosir.

Selain itu, kata Binsar dengan patroli gabungan ini, mencegah terjadinya tindak pidana di perairan Kabupaten Karimun dan juga menjalin sinergitas antar instansi maritim.

“Guna memberikan rasa aman kepada pengguna jasa kemaritiman,” ujarnya.

Binsar menyebut, perairan yang dilintasi patroli gabungan ini meliputi pelabuhan Telaga Riau, Kolong Bawah, perairan Selat Gelam serta perairan Meral.

“Patroli gabungan bersama instansi maritim lainnya ini dalam rangka melaksanakan penegakan hukum di wilayah hukum Kabupaten Karimun,” paparnya.

Dirinya membeberkan, patroli gabungan ini menggunakan sarana dan prasarana penunjang lainnya, meliputi kapal KP 1002 milik Satpolair Polres Karimun, KP 1001 dan KP 2004 milik Ditpolairud Polda Kepri, kapal BC 15034 milik DJBC Pelayanan Tanjungbalai Karimun, kapal BC 119 milik DJBC Kanwil Khusus Kepri, KNP 352 milik KPLP Tanjungbalai Karimun dan KN S41 milik KSOP Tanjungbalai Karimun.

“Patroli gabungan bersama ini sekaligus untuk mencegah setiap kegiatan ilegal, penyeludupan yang sifatnya merusak dan merugikan perekonomian negara,” pungkasnya.

Binsar mengatakan, dalam patroli ini tim patroli gabungan melakukan pemeriksaan terhadap kapal KLM Bahtera Karimun yang berangkat dari Kabil, Batam dengan tujuan Tanjungbalai Karimun, dengan membawa muatan berupa semen, milik PT Semen Basowa.

“Setelah dilakukan pemeriksaan kapal KLM Bahtera Karimun, tidak ditemukan adanya pelanggaran maupun tindak pidana, sehingga kapal tersebut melanjutkan kegiatan bongkar muat di pelabuhan Kolong,” ungkap Binsar.

Pada kesempatan itu juga tim gabungan mensosialisasikan protokol kesehatan COVID-19.

Dalam patroli gabungan ini, diantaranya diDitpolairud Polda Kepri, Bea Cukai Kantor Pelayanan dan Bea Cukai Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau, KSOP Tanjungbalai Karimun.

Aman

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel