5 Negara Favorit Peraih Gelar Juara Euro 2020

409

Ajang Euro 2020 sudah berlangsung sejak 12 Juni lalu. Sejumlah tim unggulan mulai menunjukkan taring mereka di matchday pertama fase grup, namun ada pula yang terpeleset.

Spanyol misalnya, mereka hanya mampu meraih hasil imbang tanpa gol ketika menghadapi Swedia. Hasil tersebut membuat mereka harus berjuang ekstra di matchday kedua dan ketiga untuk meraih tiket ke 16 besar. Kemudian ada juara Piala Dunia empat kali, Jerman yang takluk di tangan Prancis.

Bagi timnas Prancis, kemenangan tersebut sekaligus mengukuhkan mereka sebagai salah satu kandidat juara peraih trofi Piala Eropa edisi kali ini. Namun, Kylian Mbappe cs bukanlah satu-satunya tim yang difavoritkan menjadi juara bahkan oleh rumah taruhan seperti 188BET. Berikut 5 negara yang difavoritkan menjadi juara ajang empat tahunan ini.

Prancis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tim nasional Prancis merupakan kandidat terkuat untuk menjadi juara Euro 2020. Bukan tanpa alasan, materi pemain yang dibawa Didier Deschamps dipenuhi oleh bintang lapangan hijau yang berlaga di tim-tim raksasa Eropa.

Ada nama N’Golo Kante, Paul Pogba, hingga Antoine Griezmann yang tentu bakal selalu menjadi pembeda di setiap pertandingan. Di samping itu, Performa Les Blues di sepanjang tahun 2021 ini juga sangat konsisten. Dari total enam pertandingan, termasuk melawan Jerman, mereka mampu meraih lima kemenangan, sekali imbang, tanpa menelan satupun kekalahan.

Belgia

Tim nasional Belgia sudah dipastikan melaju ke babak 16 besar setelah menaklukan Denmark di matchday kedua. Dengan demikian, Kevin De Bruyne cs kini sudah mengoleksi enam poin dan hanya membutuhkan hasil imbang melawan Finlandia di matchday ketiga mendatang untuk lolos sebagai juara grup.

Saat ini Belgia menempati posisi pertama di rangking dunia FIFA. Prestasi tersebut diraih karena mereka mampu tampil konsisten dalam dua tahun terakhir di bawah asuhan Roberto Martinez. Di samping itu, skuat Belgia di Euro 2020 ini disebut sebagai era emas mereka karena diperkuat oleh banyak pemain top.

Italia

Sama seperti Belgia, timnas Italia juga telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Kepastian tersebut diperoleh setelah mereka meraih kemenangan kedua di fase grup atas timnas Swiss. Menariknya, anak asuh Roberto Mancini tampil sangat produktif dan mampu bertahan sangat baik. Dari dua laga yang dilakoni, Gli Azzurri mampu mencetak enam gol tanpa sekalipun kebobolan.

Kombinasi antara pemain muda dan ‘tua’ menjadi kunci dari apiknya penampilan mereka. Kini, Ciro Immobile dkk hanya perlu meraih hasil imbang di matchday ketiga untuk lolos dengan status juara grup.

Inggris

Skuat berjuluk The Three Lions ini masih harus berjuang di matchday kedua dan ketiga untuk memastikan tiket ke babak 16 besar. Kendati demikian, kemenangan 1-0 atas Kroasia di matchday pertama setidaknya menunjukkan bahwa Harry Kane dkk patut diperhitungkan menjadi kampiun Euro 2020.

Anak asuh Gareth Southgate juga punya materi pemain berkualitas di semua lini permainan. Selain Harry Kane, ada banyak pemain top lain seperti Marcus Rashford, Phil Foden, Jadon Sancho, hingga Raheem Sterling. Di samping itu, performa mereka selama tahun 2021 ini juga sangat menjanjikan. The Three Lions mampu menyapu bersih enam pertandingan, termasuk kontra Kroasia, dengan kemenangan.(*/av)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel