Fitri Pelajar SMAN 5 Karimun Meraih Juara Satu FLS2N Tingkat Provinsi, Ciptakan Kriya Tepak Sirih

390
Fitri pelajar SMAN 5 Karimun, menciptakan maha karya berupa tempat tisue serbaguna yang mengandung unsur Kebudayaan Melayu Kepulauan Riau, yakni berupa Tepak Sirih berbahan dasar kayu palet yang berasal dari limbah perusahaan setempat, diolah membentuk anyaman dan laci serbaguna. (Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Fitri Nur Frida Aprilia (17), siswi kelas XII jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), SMAN 5 Karimun, Kepulauan Riau berhasil meraih juara pertama dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi.

Berdasarkan surat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Pusat Prestasi Nasional, nomor – 1693/J3/DM.02.00/2021, tanggal 24 Agustus 2021, pemberitahuan hasil seleksi dan pemanggilan peserta FLS2N
jenjang SMA/MA tingkat Daerah/Provinsi tahun 2021, yang diselenggarakan secara daring.

Dirinya mendalami Kriya yang merupakan karya rupa 3 dimensi, karena eksklusif, berkarakter, dan bernilai craftmanship unik dan estetik.

Dalam ajang kompetisi ini, Fitri sendiri telah menciptakan maha karya berupa tempat tisue serbaguna yang mengandung unsur Kebudayaan Melayu Kepulauan Riau, yakni berupa Tepak Sirih, berbahan dasar kayu palet yang berasal dari limbah perusahaan setempat, diolah membentuk anyaman dan laci serbaguna.

PKP HIMALAYA

“Pembuatan Kriya menekankan metode kerja dan teknik keterampilan yang akan menghasilkan karya unik tersebut berasal dari ukuran, tenik pengerjaan, craftmanship, pemilihan dan penyatuan material,” kata Fitri, Kamis (26/8/2021).

Putri pertama dari pasangan Sidiq dan Erawaty ini berharap melalui seni ini, mampu menghasilkan karya dalam upaya pemulihan negeri dari dampak pandemi COVID-19, dalam ajang perlombaan FLS2N tahun 2021 tersebut.

“Sebuah karya seni, cara pembuatannya menggunakan tangan tanpa mengurangi fungsi dan nilai estetika yang terkandung dalam karya seni tersebut, dimana tidak hanya pemenuhan pembuatan dari karya seni tersebut saja, tetapi karya seni Kriya juga sangat memperhatikan sudut keindahannya,” ungkap Fitri.

Sehingga dirinya sangat senang dan terobsesi, untuk mengembangkan bakat dan kemampuan.

“Alhamdulilah, saya sangat bersyukur diberikan kesempatan untuk mengikuti perlombaan FLS2N diajang Kriya ini, dan berkat dukungan dari kedua orangtua, pembina sekaligus para guru, saya dapat meraih juara satu ditingkat Provinsi dan lanjut ketingkat Nasional, yang akan di laksanakan mulai tanggal 30 Agustus hingga tanggal 5 September 2021 secara daring,” paparnya.

Sementara itu, Plt Kepala Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Asep Sukmayadi melalui keterangan rilisnya menjelaskan bahwa, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah melaksanakan kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), untuk jenjang SMA/MA tingkat Daerah, yang akan diselenggarakan secara daring pada tanggal 14 Juni 2021 hingga tanggal 22 Agustus 2021.

“FLS2N merupakan wadah berkompetisi dan berkesenian yang diperuntukkan bagi seluruh siswa dan siswi di seluruh Indonesia,” terang Asep.

Dirinya menyebut, bidang seni yang dilombakan dalam ajang FLS2N
jenjang SMA/MA tahun ini diantaranya baca puisi, gitar Solo, monolog, tari kreasi, vokal solo, desain, poster, film pendek, Kriya, Komik Digital, dan cipta lagu.

“Mekanisme FLS2N dilakukan secara
berjenjang mulai dari tingkat sekolah, Daerah/Provinsi hingga tingkat Nasional. Pada tahun ini dibuka kesempatan bagi siswa dari Madarasah Aliyah (MA) dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) untuk berpartisipasi pada kegiatan FLS2N jenjang SMA/MA ini,” paparnya.

Asep menambahkan, berdasarkan data peserta yang mengunggah karya dan mengikuti seleksi perlombaan FLS2N jenjang SMA/MA tingkat Daerah/Provinsi secara daring, tercatat sebanyak 16.346 baik siswa maupun siswi yang telah mendaftarkan. Tidak hanya itu saja, sebanyak 14.656 hasil karya peserta yang berasal dari 34 Provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

“Berdasarkan penilaian dewan juri Daerah, hasil seleksi peserta FLS2N jenjang SMA/MA tingkat Daerah tahun ini sangat baik dan banyak peningkatan, baik itu dalam segi jumlah maupun kualitas karya,” kata Asep.

Selanjutnya menurut Asep para juara yang telah terpilih pada tingkat Provinsi masing-masing dan SILN, dapat mengikuti tahapan selanjutnya yakni kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus hingga tanggal 5 September 2021 secara daring.

Besar harapan Asep, melalui tema ini, diharapkan FLS2N dapat membentuk karakter siswa yang jujur, optimis dan memiliki semangat kebersamaan yang tinggi dalam mewujudkan bangsa dan negara, sehingga para siswa dan siswi untuk terus dapat meningkatkan prestasi.

“Kegiatan ini bukan akhir dari suatu tujuan tetapi justru merupakan proses untuk mengasah kreativitas dan potensi diri menggapai prestasi yang lebih tinggi, sehingga produk ini dapat menginspirasi dan membentuk pemulihan dampak pandemi COVID-19 dalam kehidupan masyarakat sehari-hari,” tandasnya.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel