Wakil Bupati Lingga Jadi Narasum Webinar Propaktani Kementan, Bahas Tanaman Sorgum

276
Wakil Bupati Lingga Jadi Narasum Webinar Propaktani Kementan, Bahas Tanaman Sorgum
Wakil Bupati Lingga Jadi Narasum Webinar Propaktani Kementan, Bahas Tanaman Sorgum

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy, menjadi salah satu narasumber pada webinar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian RI, yang bertajuk Webinar Propaktani Episode 83, yang membahas tentang dukungan perbenihan Sorgum mendukung prospek indusrialisasinya.

Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy, duduk bersama tujuh orang narasumber lainnya melalui virtual zoom, diantaranya Direktur perbenihan Kementan RI, Kepala balai penelitian tanaman serealia Maros Sulawesi Selatan, Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam (FMIPA) Universitas Udayana.

Ada juga Wakil Bupati Flores Timur, Kepala Dinas Pertanian Kolaka Timur, Ketua Koperasi Sorgum Nusantara, dan Petani Sorgum sekaligus penyuluh pertanian Sorgum.

Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy mengaku sangat apresiasi atas kegiatan yang digelar oleh Dirjen Tanaman Pangan tersebut, dan menjadikan dirinya sebagai salah satu narasumber pada webinar yang dihadiri oleh para pegiat tani, akademisi, peneliti dan perwakilan pemerintah daerah.

PKP HIMALAYA

“Ini tentu suatu kebanggaan bagi kami, dan ini juga menjadi bagian salah satu cita-cita Kabupaten Lingga yang kita tuangkan dalam visi misi kita untuk menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu unggulan untuk peningkatan ekonomi masyarakat kita,” ujarnya.

Menurutnya tanaman Sorgum saat ini menjadi salah satu potensi yang memiliki nilai ekonomis dan menjadi tanaman pangan unggulan kelas dunia, karena apat dijadikan sebagai sumber pangan alternatif, bahan pakan ternak dan bahan baku industri.

“Apalagi tanaman ini sangat cocok dengan kondisi daerah kita, dan dapat dipanen beberapa kali serta tahan terhadap hama dan penyakit,” ujarnya.

BACA JUGA Panen Padi Varietas Siam Siam di Desa Panggak Darat Lingga

Apa itu Sorgum

Dikutip dari Wikipedia, Sorgum (Sorghum spp.) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara.

Sorgum juga mengandung serat tidak larut air atau serat kasar dan serat pangan, masing-masing sebesar 6,5% – 7,9% dan 1,1% – 1,23%. Kandungan protein pun seimbang dengan jagung sebesar 10,11% sedangkan jagung 11,02%.

Begitu pula dengan kandungan patinya sebesar 80,42% sedangkan kandungan pada jagung 79,95%. Hanya saja, yang membuat tepung sorgum sedikit peminat adalah karena tidak adanya gluten seperti pada tepung terigu. Masyarakat indonesia sudah tenggelam dalam nikmatnya elasitisitas terigu, karena tingginya gluten, dan inilah yang membuat adonan mie, dan roti menjadi elastis.

Terlalu banyak makan dari bahan pangan bergluten tidaklah terlalu baik untuk kesehatan, karena dapat menyebabkan celiac desease. Ini merupakan salah satu titik tolak bahwa alternatif tepung yang sehat dapat dikonsumsi adalah tepungsorgum.

Selain itu Sorgum dikenal memiliki manfaat yang lebih baik daripada tepung terigu karena gluten free serta memiliki angka glikemik index yang rendah sehingga turut mendukung tren gerakan konsumen gluten free diet seperti di negara-negara maju.(*)

Kiriman : Ravi Azhar

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel