Usai Upacara HUT TNI AL ke-76, Mako Lanal Tarempa Sambagi Warga dan Bagikan Sembako

67
Usai Upacara HUT TNI AL ke-76 Mako Lanal Tarempa
Usai Upacara HUT TNI AL ke-76 Mako Lanal Tarempa

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut HUT TNI AL ke-76 tanggal 10 September 2021, Komandan Pangkalan TNI AL Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M. Tr. Opsla menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan, hal tersebut seiring dengan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang tertuang dalam Surat Telegram Nomor 148/Sper/0921 tentang pelaksanaan perayaan Peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke-76 yang jatuh pada tanggal 10 September 2021.

Adapun rankaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Lanal Tarempa dalam rangka peringatan HUT TNI Angkatan Laut ke-76 diantaranya adalah serbuan vaksin kepada Nelayan yang sudah terlebih dahulu dilaksanakan pada tanggal 9-9-2021 kemaren, kemudian Doa Bersama dilaksanakan di Mushola Al Bahari Lanal Tarempa yang diikuti oleh Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M. Tr. Opsla beserta seluruh prajurit Lanal Tarempa, selanjutnya acara puncak yaitu Upacara Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke-76 dilaksanakan di lapangan voli Mess Lanal Tarempa, dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah di gedung Napoleon Lanal Tarempa, dihadiri oleh Bupati Kepulauan Anambas beserta jajaran Forum Pimpinan Komunuikasi Daerah (FKPD) Plus. Serta pada sore harinya, Komandan Lanal Tarempa bersama dengan Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada 1 Nyonya Fionna Yovan A melaksanakan kegiatan Bakti Sosial, diikuti oleh Perwira staf, Babinpotmar, seluruh Personel Lanal dan pengurus Jalasenastri serta melibatkan DPC. HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas. Kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako yang diberikan secara langsung dari rumah ke rumah atau Door to door kepada masyarakat pesisir yang dianggap membutuhkan atau tergolong kurang mampu dan juga diberikan kepada masyarakat nelayan yang sedang melaut di seputaran perairan Teluk Tarempa, Purnawirawan TNI Angkatan Laut dan dan para Warakawuri yang ada di wilayah kepulauan Anambas juga tidak luput dari pembagian Sembako tersebut.

Pada acara puncak yaitu Upacara peringatan HUT TNI Angkatan Laut ke-76, Danlanal Tarempa selaku Inspektur Upacara menyampaikan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. diantaranya adalah “Sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara TNI Angkatan Laut akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini, namun tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai Garda Utama pertahanan negara di laut, TNI Angkatan Laut juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Meskipun di tengah pandemi covid 19 dengan lengan baju ter sing-sing, Prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut tetap melaksanakan tugas-tugas operasi setiap hari, kekuatan laut yang bertumpu pada SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu) terdiri dari kapal perang, pesawat udara, dan pasukan Korps Marinir TNI Angkatan Laut serta pangkalan tersebar dan akan selalu siap siaga di seluruh wilayah perairan nusantara, di perbatasan laut di pulau-pulau terluar, di atas Cakrawala Biru, bahkan di daerah operasi perdamaian di bawah bendera PBB”, (Tarempa, 10/09/2021).

Pesan kepala staf TNI Angkatan Laut, ” Jiwa raga kalian hanya untuk mempertahankan kedaulatan negara, setiap hembusan nafas kalian harus berupa pengabdian, tanamkan semangat juang dalam hati kalian untuk meraih kejayaan angkatan laut jalesveva Jayamahe”.

Kemudian selesai acara Bakti sosial, Komandan Lanal Tarempa menyampaikan
bahwa, “Hari ini ada 100 paket Sembako yang kita bagikan kepada nelayan di laut menggunakan KAL Pulau Siantan dalam rangka memperingati HUT Angkatan Laut, tadi saya lihat antusias dari para nelayan cukup tinggi ketika pembagian sembako berlangsung, tak hanya membagikan sembako kepada nelayan, Lanal Tarempa juga memberikan Sembako serupa kepada Masyarakat Pesisir yang diantar dari rumah kerumah serta kepada Purnawirawan dan Warakawuri yang ada di Anambas.” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Harian Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas, Yusuf mengucapkan rasa terimakasih kepada Lanal Tarempa atas kepedulian nyata kepada masyarakat maritim serta nelayan yang memang sangat membutuhkan.

Terakhir, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla berharap pada momentum HUT. Angakatan Laut ke-76 ini, kedepannya masyarakat maritim tidak dipungkiri sangat diharapkan bisa mendukung serta bekerjasama dengan Lanal Tarempa, karena kita tidak bisa bekerja sendiri, nelayan dan masyarakat maritimlah yang menjadi mata dan telinga Angkatan Laut, dalam hal ini Lanal Tarempa untuk mendeteksi dan lapor cepat apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan atau hal-hal yang dianggap tidak wajar atau ganjil di laut, khususnya di Perairan Anambas, sehingga TNI AL bisa menindaklanjutinya dengan cepat, tepat dan efesien”. Pungkasnya. (@pen_lanaltarempa).

Kiriman Rama

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel