Bupati Wan Siswandi dan Ketua DPRD Sambut Kedatangan Pangkogabwilhan I di Natuna

126

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Bupati Natuna Wan Siswandi bersama Ketua DPRD Daeng Amhar menyambut Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan ( Pangkogabwilhan I ), Laksamana Madya (Laksdya) TNI Muhammad Ali di Lanud Raden Sadjad, Ranai Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (22/09/2021).

Rombongan panglima usai memantau dari udara Perkembangan terkini laut natuna utara menggunakan pesawat TNI AU jenis Boeing 737-200 AI-7303.

Dalam kunjungan kerja ke Natuna terlihat Bupati Natuna Wan Siswandi bersama Ketua DPRD dari Depan Gedung Lanud Raden Sadjad begitu akrab cengkramah seusai laksanakan prosesi tepuk tepung tawar bersama Tokoh adat sebelum bertolak ke Mako lanal Ranai.

Pangkogabwilhan 1 memastikan jika TNI Angkatan Laut serius memantau apa pun pergerakan disana dan melihat potensi apapun yang mungkin bisa jadi eskalasi gesekan militer.

“TNI memberikan jaminan keamanan kepada para nelayan di Natuna untuk tetap bisa melaut dan menangkap ikan di Laut Natuna Utara,” ujar Panglima Bintang Tiga.

Pada saat melaksanakan pengawasan dari udara kata Pangkogabwilhan I  tidak ditemukan kapal ikan asing, hanya menemukan beberapa KRI dan Kapal Bakamla.

Ia juga memastikan jika TNI Angkatan Laut serius memantau apa pun pergerakan disana dan melihat potensi apapun yang mungkin bisa jadi eskalasi gesekan militer.

Pangkogabwilhan Satu juga menjelaskan jika kapal perang negara asing dipersilahkan untuk melintas tanpa izin di zona ekonomi eksklusif, tetapi tidak boleh mengganggu aktivitas nelayan.

Dirinya juga menghimbau kepada para nelayan Natuna tidak perlu takut, karena satuan TNI tetap menjaga keamanan dan kedaulatan di wilayah perairan Natuna Utara.

“Para nelayan jangan khawatir, tetap saja melakukan aktivitasnya untuk menangkap atau mencari ikan, kita akan menjaga,” pungkasnya.

Sebelum melaksanakan kunker Satuan TNI Terintegrasi (STT) di Natuna, Pangkogabwilhan I menerima paparan terlebih dahulu dari Danlanud Raden Sadjad Kolonel Pnb Dedy I. S. Salam yang diselenggarakan di VIP Room Lanud Raden Sadjad.

Setelah menerima paparan Pangkogabwilhan I dan rombongan melakukan peninjau Hanggar Integrasi Lanud Raden Sadjad dan STT di wilayah Natuna.

Turut serta dalam kunjungan kerja Pangkogabwilhan I antara lain Pangkoarmada I  Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, para Asisten Kogabwilhan I dan Asisten Koarmada I.

Hadir pula mendampingi Pangkogabwilhan I yakni Kaskoopsau I Marsma TNI Jorry S. Koloay., Asops Kas Koopsau I Kolonel Pnb Radar Soehartono dan Pabandyaops Sops Kas Koopsau I Letkol Pnb Bambang Apriyanto.

Pangkogabwilhan juga akan melaksanakan pemantauan langsung ke Pulau Sekatung di Kecamatan Pulau Laut yang berbatasan langsung dengan Vietnam. (Rky)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel