Luna Maya Jadi Ketua RT di Kelurahan Kemang Jakarta, Berikut Tugas dan Gaji Ketua RT

159
Luna Maya yang Kini Jadi Ketua RT
Luna Maya yang Kini Jadi Ketua RT

WARTAKEPRI.co.id – Jabatan Ketua RT sepertinya akan banyak jadi perbincangan netizen. Pasalnya selebriti, model, hingga pebisnis, Luna Maya dipercaya profesi sebagai ketua RT. Sejumlah teman artisnya mulai Nindy Ayunda hingga Zaskia Sungkar langsung memberikan komentar untuk mantan Ariel NOAH itu.

Sepertinya, kini wanita berusia 38 tahun tersebut kembali dipercaya untuk menjalani tugas baru sebagai seorang pemimpin warga di sekitar tempat tinggalnya. Sosok Luna Maya sebagai seorang publik figur tak perlu diragukan lagi.

Memulai karirnya sejak usia belia, terbukti mantan kekasih Ariel NOAH tersebut hingga kini masih terus eksis wara wiri di depan layar kaca.

Dan, ketika kebanyakan selebriti yang memilih terjun ke dunia politik sebagai anggota DPR, Bupati, atau Wali Kota, Luna justru memilih untuk mengabdikan dirinya sebagai seorang ketua RT.

Lewat unggahan di akun instagram peribadinya @lunamaya, Kamis (18/11/2021) wanita berdarah Bali tersebut mengumumkan profesi baru yang kini tengah diembannya.

Tampak lewat beberapa foto yang diunggahnya, Luna sedang melakukan peninjauan di sekitar daerah tempat ia mengabdi bersama sejumlah warga.

“Kunjungan hari pertama bersama warga sekitar berjalan lancar. Terimakasih atas kepercayaannya, semoga bisa membantu warga Kemang untuk periode beberapa bulan kedepan!” papar Luna.

Meski telah memiliki segudang aktivitas yang kerap menyibukan dirinya, Luna yang tak pernah terpikir akan menjadi seorang Ketua RT tersebut berharap kelak dirinya bisa bermanfaat bagi warga sekitar.

“Btw, seumur-umur gak pernah kepikiran sih bakalan jadi Bu RT. Warga Kemang mana nih suaranyaaa?” imbuh Luna.

Menjadi seorang Ketua RT yang notabene begitu jauh berbeda dengan profesi aslinya, penampilan Luna Maya tetap saja berhasil mencuri perhatian. Mengenakan setelan coklat dan rambut yang ditutup kerudung coklat, Luna tampil modis bak seorang ibu pejabat.

Beberapa rekan selebriti seperti Zaskia Sungkar hingga Nindy Ayunda pun tampak terkejut sekaligus penasaran dengan profesi baru Luna ini.

@zaskiasungkar15 : Ko gemass,”
@nindyayunda : bu RT,”
@bennusorumba : Bu RT .. next Ibu mentri yah,”
@fajarnugrs : Wahhhh udah kayak Walikota!”
“ivanova.regina : Seriuusss kaakk!?
OMG KEREENN!!”

Tugas dan Gaji Ketua RT

Gaji Ketua RT dan Ketua RW terbaru 2021 dan hingga saat ini belum ada upah atau gaji yang pasti. Sejauh ini, penghasilan yang di dapat oleh Ketua RT masih sebatas sukarela yang diberikan oleh pemerintah daerah. Bahkan ada beberapa daerah yang tidak ada sama sekali.

Nah sebagai gambaran Gaji Ketua RT, di dalam artikel ini kami akan membahasnya secara jelas menurut aturan dan ketentuan yang berlaku sesuai undang-undang. Rukun Tetangga (RT) adalah pembagian wilayah di Indonesia di bawah Rukun Warga.

Rukun Tetangga bukanlah termasuk pembagian administrasi pemerintahan, dan pembentukannya adalah melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Desa atau Kelurahan.

Rukun Tetangga dipimpin oleh Ketua RT yang dipilih oleh warganya. Sebuah RT terdiri atas sejumlah rumah atau KK (kepala keluarga). Dalam sistem birokrasi di Indonesia, biasanya RT (Rukun Tetangga) berada di bawah RW (Rukun Warga).

Rukun tetangga merupakan organisasi masyarakat yang diakui dan dibina oleh pemerintah untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia.

Setiap RT sebanyak-banyaknya terdiri dari 30 KK untuk desa dan sebanyak-banyaknya 50 KK untuk kelurahan yang dibentuk. Rukun Tetangga di Indonesia berawal dari sistem Tonarigumi yang secara harafiah berarti “kerukunan tetangga”.

BACA JUGA Luna Maya Dapat Uang Rp 500 Juta Dari Deddy Corbuzer, Alasannya

Sistem ini diperkenalkan oleh Kekaisaran Jepang pada 1944 dan diterapkan di Indonesia oleh para tentara Jepang. Tonarigumi awalnya ditujukan untuk membentuk kelompok militer dan mobilisasi rakyat untuk perang.

Setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia II dan Indonesia merdeka, Tonarigumi diubah namanya menjadi Rukun Tetangga serta statusnya diubah menjadi pembagian administratif terkecil di Indonesia.

Salah satu layanan utama yang disediakan oleh Ketua Rukun Tetangga kepada masyarakat adalah layanan pembuatan Surat Pengantar RT/RW. Surat ini adalah surat yang ditujukan kepada Kelurahan setempat dan ditandatangani oleh Ketua RT dan Ketua RW.

Surat ini merupakan prasyarat untuk mengurus beberapa surat lainnya di Kelurahan, misalnya :

– Pembuatan KTP
– Pembuatan Kartu Keluarga
– Surat Pindah
– Akta Kelahiran
– Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK)
– Surat Nikah
– Surat Melamar Pekerjaan
– Surat Keterangan Tidak Mampu
– Surat Keterangan Usaha (SKU)

Ketua RT juga mengelola arsip penomoran surat pengantar RT-RW yang telah diterbitkannya. Sejak berlakunya Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, perhatian pemerintah kepada desa meningkat. Dana pun bergulir ke sana, dengan besaran sampai Rp 1 miliar per desa.

Sebenarnya dalam hal ini tidak ada keterkaitan langsung dengan Ketua RT atau Ketua RW. Tak ada satu pasal pun yang menyebutkan tentang status, peran, atau tugas RT dan RW.

Namun, RT dan RW kena dampak. Mereka juga mulai makin diperhatikan, termasuk urusan dana. Meski tidak termasuk dalam struktur resmi birokrasi, peran dan tugas RT cukup besar.

Dalam Kepres Nomor 49 tahun 2001 yang mengatur tentang RT, disebutkan bahwa salah satu tugas RT adalah membantu pemerintah dalam melayani masyarakat. Sayang sekali, tugas penting itu hanya diemban oleh warga negara Indonesia secara sukarela. Tidak ada upah atau gaji yang pasti buat Ketua RT.

Sebagai perbandingan, Jakarta tentu menjadi daerah dengan dana atau gaji untuk RT terbesar, mencapai Rp 2.000.000 per bulan. Selain memberi dana operasional buat RT, Jakarta juga memberi dana serupa untuk Ketua RW Rp 2.500.000 per bulan.

Dana besar juga digelontorkan oleh Kabupaten Penajem Paser Utara Kalimantan Timur, yang sebagian wilayahnya akan menjadi ibu kota negara baru menggantikan Jakarta. Pada 2020, setiap Ketua RT mendapatkan Rp 2.000.000 per bulan. Naik dari tahun sebelumnya, yang sebesar Rp 1.000.000 per bulan.

Sumber : Banjarmasin Post

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel