Rekonstruksi Penipuan di Bintan Utara Ungkap 5 Lokasi Pelaku Beraksi

175
Rekonstruksi kasus penipuan dengan tersangka TJ yang digelar Polsek Bintan Utara. (Photo: Agus)

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Polsek Bintan Utara menggelar rekonstruksi tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh tersangka berinisial TJ, Jumat (26/11/2021).

Dalam reka adegan yang menghadirkan tersangka berusia 36 tahun itu, terungkap lima titik lokasi tersangka melancarkan aksinya menipu beberapa orang korban.

Adapun awal mula tersangka beraksi berada di lokasi Pasar Baru. Di tempat ini, tersangka berhasil memperdaya tiga orang korban pada hari yang berbeda.

Tersangka juga melancarkan aksinya di Jalan Indunsuri, Jalan Taman Sari di depan Koramil 03 Bintan Utara, dan dua lokasi lainnya yang menurut polisi masih menunggu laporan dari para korban.

Kapolsek Bintan Utara Kompol Suharjono melalui Kanit Reskrim Iptu Purbowo, menjelaskan kronologi penangkapan terhadap tersangka.

Tersangka saat melakukan aksinya memperdaya korban terlihat oleh Bripka Andika Aswar yang pada saat itu berbelanja di sebuah swalayan.

“Melihat pelaku sedang beraksi, Bripka Andika merasa curiga karena ciri-ciri pelaku yang sudah masuk dalam laporan para korban, ia pun menyambangi pelaku seraya memegangnya,” kata Purbowo.

Setelah Bripka Andika mengenalkan dirinya petugas polisi, pelaku langsung panik hendak lari dan mencoba memberikan perlawanan.

Dengan tindakan pelaku itu, lanjut Purbowo, Bripka Andika semakin yakin bahwa pelaku tersebut merupakan pelaku penipuan meskipun Bripka Andika diancam pelaku yang ingin melaporkannya.

“Kulaporkan kau, aku bukan penipu, kulaporkan kau,” kata Purbowo menirukan kalimat pelaku saat itu.

Bripka Andika pada saat itu dikatakan lebih agresif untuk menangkap pelaku. Namun pelaku melawan hingga terjadi perkelahian yang mengakibatkan tangan kanan Bripka Andika patah.

“Itu dikarenakan saat itu Bripka Andika memegang stang motor pelaku, sementara pelaku menggas full motornya ingin lari,” terangnya.

Bripka Andika dalam keadaan cedera tetap berupaya menahan pelaku hingga motornya terjatuh, dan langsung menyergapnya.

Kejadian itu lantas dilihat aparat TNI dari Koramil 03 Bintan Utara. Pelaku pun akhirnya berhasil diamankan dan dibawa ke Mapolsek Bintan Utara.

TJ saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka. Ia dikenakan pasal 372 atau 378 KHUPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Kapolsek Bintan Utara Kompol Suharjono mengucapkan terima kasih kepada Danramil 03 Bintan Utara karena berkat bantuan Peltu Ahmad Sembiring bersama rekan-rekannya pelaku berhasil diringkus. (agus)

DEWAN PERS WARTAKEPRI

FANINDO

PKP HIMALAYA