Coach Shin Tae Yong: Pemain Indonesia Lemah Weight Training, Apa Itu dan Manfaat Weight Training

605
Coach Shin Tae Yong
Coach Shin Tae Yong

WARTAKEPRI.co.id – Podcast CLOSETHEDOOR Deddy Corbuzier menghadirkan Pelatih Timnas Indonesia asal Korea yaitu Coach Shin Tae Yong. Podcast yang dipublish di Youtube, Selasa (11/1/2022) hingga kini tranding #4 dengan view lebih 4 juta penonton, dan kemungkinan akan menuju tranding #1.

Dari pembicaraan santai hingga serius terkait dengan sepakbola dan berujung dengan makan bareng sate kambing, ada satu pertanyaan Deddy Corbuzier terkait apa kelemahan para pemain bola di Indonesia. Dan, pertanyaan dijawab adalah pemain Indonesia lemah di Weight Training. Dinilai STY, pemain wajib memiliki kemampuan daya kuat dalam pertandingan. Pemain tidak bisa lemah ketika disenggol.

Lalu itu apa Weight Training dan manfaatnya, yang mana seorang Deddy Corbuzier mengaku juga tidak tahu peran Weight Training dalam sepak bola.

Honda Capella

Dikutip dari HaloDoc Weight training atau latihan angkat beban mungkin tidak menjadi primadona, dibanding jenis olahraga lainnya. Bahkan, tak jarang olahraga ini dianggap sebagai olahraganya kaum lelaki. Padahal, weight training bisa dan sudah banyak dilakukan juga oleh wanita, lho.

Dari segi manfaat, weight training tak kalah dengan jenis olahraga lainnya. Manfaatnya beragam dan tidak sebatas meningkatkan kekuatan otot saja. Weight training bisa membantu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal yang mungkin kamu impi-impikan.

Segudang Manfaat Weight Training dan gerakan tubuh yang dilakukan:

1.Melatih dan Menguatkan Otot
Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu manfaat utama yang bisa dirasakan jika kamu menggeluti weight training adalah menguatkan otot. Namun, jangan disangka tubuh kamu akan langsung berotot seperti binaragawan, ya. Sebab, untuk membentuk tubuh seperti binaragawan, dibutuhkan juga pengaturan pola makan khusus dan konsistensi dalam latihan.

Menguatkan otot dalam hal ini berarti membuat kamu jadi lebih mudah melakukan berbagai hal. Sebab, untuk bisa beraktivitas dengan enerjik, diperlukan kekuatan otot. Selain itu, bentuk tubuh kamu juga secara perlahan akan terlihat semakin menawan.

BACA JUGA Kalah, Presiden Jokowi Tetap Bangga atas Perjuangan Timnas dan Selamat ke Thailand Juara Piala AFF 2020

2.Menurunkan Berat Badan
Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, weight training bisa jadi salah satu olahraga yang bagus untuk dicoba. Olahraga ini membantu membakar kalori dalam tubuh. Tubuh akan terus membakar kalori setelah melakukan latihan. Bertambahnya massa otot juga meningkatkan kapasitas tubuh dalam membakar kalori.

3.Meningkatkan Ketahanan Tubuh
Selain sebagai penambah kekuatan otot, weight training juga merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Ketika melakukan olahraga ini, kamu semakin lama perlu menambah beban yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

4.Mencegah Penurunan Massa Otot
Seiring bertambahnya usia, kamu akan kehilangan massa otot sebanyak tiga sampai delapan persen per 10 tahunnya. Jika kamu rutin melakukan weight training, penurunan massa otot bisa dicegah dan tulang menjadi tetap kuat di hari tua nanti.

5.Memelihara Kesehatan Jantung
Selain meningkatkan dan menjaga massa otot, weight training juga membantu melindungi organ jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah.

6.Mencegah Cedera
Saat menjalani weight training, kamu juga turut menguatkan tulang dan jaringan-jaringan tubuh. Hal ini mengurangi risiko kamu untuk mengalami cedera.

7.Meningkatkan Fleksibilitas dan Keseimbangan Tubuh
Weight training membuat kamu bisa menggerakkan otot dan tubuh secara lebih efisien. Selain itu, penguatan otot karena weight training juga berdampak pada keseimbangan tubuh. Otot akan semakin baik menjaga keseimbangan dan membuat kamu lebih kokoh, serta tidak mudah jatuh.

8.Mengurangi Kecemasan dan Gejala Depresi
Saat mengangkat beban, kamu juga turut mengangkat kepercayaan diri. Sebab, latihan ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan gejala depresi, serta membuat kamu lebih bahagia.

Itulah berbagai manfaat yang bisa diperoleh jika kamu melakukan weight training. Jika kamu tertarik melakukannya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung atau diabetes. Agar mudah, kamu juga bisa bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc.

Jika mengalami kesulitan atau tidak memahami postur saat melakukan weight training, sebaiknya tanyakan kepada orang yang lebih berpengalaman atau minta panduan oleh pelatih profesional. (*)

Sumber : Youtube/halodoc.
Editor : Dedy Suwadha

FANINDO