Jelang Mudik Lebaran, Warga Batam Serbu Sentra Vaksin Booster SP Plaza Batuaji

Warga rela mengantre divaksin booster demi bisa mudik. (Foto: Yusuf Riadi/Wartakepri)
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pelaksanaan vaksinasi massal di SP Plaza diserbu warga. Rata-rata warga ingin mendapatkan vaksin lengkap atau booster sebagai syarat perjalanan mudik lebaran tahun 2022.

Sejak pagi hari warga rela antre mendapat vaksin. Tidak hanya usia muda, sejumah orang dewasa dan ibu-ibu terlihat antusias dalam antrean untuk mendapatkan vaksin.

“Saya tadi mendapat vaksin booster, karena memang sudah waktunya untuk booster. Rencana ada mau mudik ke Medan lebaran nanti,” ucap Riani salah seorang warga Sagulung usai mendapatkan vaksin, Sabtu (9/4/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan, kegiatan vaksinasi di SP Plaza sudah berlangsung sejak lama dilaksanakan baik untuk semua jenis dosis vaksinasi baik untuk dosis 1 dosis 2 dan booster.

“Khusus untuk booster karena kebijakan yang harus booster kalau tidak harus menunjukan antigen atau PCR, maka animo masyarakat menjadi bertambah,” ujar Kadinkes Didi Kusmarjadi.

Kepala UPT. Puskesmas Sei Langkai, Yuliadi Arwin menambahkan, pelaksanaan vaksin massal yang diselenggarakan Dinkes Kota Batam melalui UPT Puskesmas Sei. Langkai, UPT Puskesmas Galang dan UPT Puskesmas Tanjung Uncang bekerjasama dengan manajemen SP Plaza, serta menggandeng tim dari Polsek Sagulung dan Satpol PP.

“Pemberian vaksinasi di SP Plaza hari ini kita targetkan 1000 vaksin bisa terpenuhi, melihat animo masyarakat mendapat vaksin juga meningkat, rata-rata vaksin Booster,” ujar Yuliadi Arwin.

Dia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi saat ini bisa lebih teratur dan bisa dilakukan dengan cepat. Adanya kerjasama dengan sejumlah UPT Puskesmas lainnya capaian vaksin bisa memenuhi terget.

“Masyarakat semakin sadar akan manfaat vaksin untuk memperkecil resiko terpapar Covid19, sekaligus sebagai syarat yang harus dipenuhi untuk perjalanan mudik sesuai aturan dari pemerintah,” ucap Yuliadi Arwin.

Mengakomodir vaksin bagi masyarakat, kawasan SP Plaza dijadikan sebagai pusat vaksinasi di wilayah Sagulung dan sekitarnya. Sentra vaksin SP Plaza akan dibuka setiap hari selama bulan April dengan menargetkan 1000 penerima vaksin setiap harinya.

“Vaksinasi tetap akan dilakukan di SP Plaza sebagai pusat vaksin. Vaksin akan dilakukan setiap hari. Terima kasih kepada menajemen SP Plaza yang sudah turut mendukung program vaksinasi,” kata Yuliadi Arwin.

Sebagai informasi, jenis vaksin yang disediakan di sentra vaksinasi SP Plaza, Batuaji berdasarkan ketersediaan stok vaksin dari Dinas Kesehatan Kota Batam, baik untuk vaksin dosis 1, dosis 2 dan booster.

“Silahkan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin baik vaksin dosis 1, dosis 2 maupun jenis Booster, untuk vaksin anak juga bisa,” tambah Yuliadi Arwin.

Selain terus menggalakkan vaksinasi, pihaknya mengaku terus mengajak masyarakat Batam menerapkan protokol kesehatan minimal memakai masker dan sering mencuci tangan. (Yusuf Riadi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG