Lanal Tarempa Laksanakan Latihan Menembak Sasaran Atas Air

276
Lanal Tarempa Laksanakan Latihan Menembak Sasaran
Lanal Tarempa Laksanakan Latihan Menembak Sasaran Atas Air. (Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Pangkalan TNI AL (Lanal) Tarempa melaksanakan rangkaian latihan menembak sasaran atas air. Latihan dilaksanakan di perairan Tarempa, Kepulauan Anambas, Kamis (14/4/2022).

Latihan menembak sasaran di atas air ini melibatkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Siantan-I.4.52 dan KAL Baruk-I.4.28 yang merupakan unsur gelar Lanal Tarempa.

Latihan dilaksanakan bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan perseorangan dalam mengawaki Alutsista yang dimiliki Lanal, serta meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan kerjasama antar unsur KAL yang dimiliki Lanal Tarempa.

Honda Capella

“Kita menyadari, sebagai prajurit, setiap saat harus selalu siap menghadapi segala situasi, bahkan situasi terburuk sekalipun,” kata Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf.

“Untuk itulah latihan wajib kami lakukan, dengan demikian kita dapat mengetahui atau mengukur tingkat kemampuan tiap personel yang dimiliki, kemudian dengan berlatih kita akan dapat mengevaluasi segala kekurangan lalu memperbaikinya,” sambungnya.

Menurut Yovan, dengan latihan yang berkesinambungan, maka kemampuan dan naluri tempur prajurit akan senantiasa terjaga. Ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni “Bangun Sumberdaya Manusia yang Unggul dan Profesional, serta Tangguh Menghadapi Segala Ancaman”.

“Alhamdulillah saya mengikuti secara langsung kegiatan ini, saya menilai kemampuan personel masih cukup baik, seluruh prosedur baik taktis maupun teknis dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Semoga dengan latihan ini, akan menjadikan kemampuan Lanal Tarempa baik personel maupun material akan lebih baik,” katanya.

Latihan diikuti oleh seluruh personel jajaran operasional dan pendukung, latihan penembakan, menggunakan senjata kaliber 20 mm, 12,7 mm dan Senjata ringan organik unsur masing-masing berkaliber 7,62 dan 5,56 mm. (rama)

FANINDO