Angkat Potensi Wisata Alam, Warga Desa Lancang Kuning Gelar Halal Bihalal dalam Hutan

475
Kades Desa Lancang Kuning bersama Kapolsek Bintan Utara, Lurah Bintan Utara dan warga. (Foto: Agus/Wartakepri)

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Masyarakat Desa Lancang Kuning melaksanakan halal bihalal unik di hari ke-10 Idul Fitri 1443 Hijriyah. Halal bihalal digelar di kawasan hutan desa tersebut, Kamis (12/5/2022).

Kepala Desa (Kades) Lancang Kuning, Cholili Bunyani mengatakan halal bihalal ini terlaksana berkat inisiatif perangkat desa, termasuk perangkat RT dan RW setempat yang didukung oleh Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

“Ini digelar agar kita dapat menyampaikan pesan ke seluruh masyarakat bahwa halal bihalal tahun ini dapat dirasakan bersama, sekaligus dapat disaksikan langsung oleh semua kalangan, dan Alhamdulillah terlaksana dengan baik,” kata Cholili.

Menurut Cholili, pelaksanaan halal bihalal di alam bebas lebih dapat menciptakan suasana yang nyaman dan penuh kekeluargaan, apalagi masyarakat Desa Lancang Kuning senang dengan budaya gotong royong.

“Masyarakat yang baru pulang berkebun, dari pasar dan sebagainya dapat langsung mengikuti acara halal bihalal ini,” kata dia.

Pada acara halal bihalal, Cholili mengucapkan terima kasih kepada KPHP/Menteri LHK RI yang telah memberikan kepercayaan untuk mengelola hutan lindung Sei Jago selama 35 tahun yang sesuai dengan SK.1526/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.0/3/2021.

“Semoga pemerintahan Desa Lancang Kuning di masa depan dapat menyusun program yang dapat mensejahterakan masyarakat,” harapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada konsultan desa wisata yakni Desa Ponggok Yogyakarta yang telah merampungkan masterpland wisata hutan Desa Lancang Kuning yang juga hadir di acara tersebut.

Ia juga mengajak masyarakat Desa Lancang Kuning untuk menjaga hutan sambil berwisata. Karena menurut dia hutan di desa ini berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata alam.

“Mari kita jaga hutan kita sambil berwisata. Mohon doa dan dukunganya agar kami dapat mewujudkan rencana yang sudah tersusun, wacana objek wisata yang akan ditata di tengah-tengah hutan untuk perubahan ekonomi masyarakat di masa yang akan datang, karena 35 tahun adalah waktu yang sangat panjang,” ucapnya.

Di akhir acara yang dimeriahkan oleh kesenian Reog Millenial Desa Lancang Kuning ini, Kades Cholili mengucapkan Minal Aidin Walfaidzin kepada seluruh masyarakat dan tamu undangan yang hadir.

Hadir Kapolsek Bintan Utara, Camat Bintan Utara, Lurah Tanjunguban Kota, Lurah Tanjunguban Selatan, Lurah Tanjunguban Utara, BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa, RT/RW, TP- PKK), T.A Bintan, dan Pendamping Desa Bintan Utara. (agus)

Honda Capella

FANINDO