Webinar Integritas dan Gerakan Anti Korupsi ke Pelajar SMAS Maha Bodhi Karimun

331

SEBELUM masuk ke pembahasan korupsi, kita harus mengetahui pengertian dari korupsi. Secara umum, korupsi dapat diartikan sebagai tindakan penyelewengan dengan mengambil suatu harta ataupun barang yang dimiliki oleh suatu organisasi demi kepentingan dirinya sendiri.

Korupsi sendiri sudah ada sejak zaman VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie/Persatuan Perusahaan Hindia Timur). Hal itu diungkapkan oleh Sub Koordinator Pusat Studi Arsip Pemberantasan Korupsi, Dharwis Yacob kepada mediaindonesia.com

. Dari zaman ke zaman, tindakan korupsi selalu dilakukan oleh orang yang lebih berkuasa maupun mempunyai jabatan negara yang memiliki hak dan kewajiban khusus kepada negara serta kewajiban kepada masyarakat umum. Kebanyakan dari mereka menyalahgunakan kekuasaan mereka demi kepentingan mereka sendiri.

Honda Capella

Kini, kata “Korupsi” sudah ada di mana-mana dan “Integritas dan Gerakan Anti Korupsi” sangat dibutuhkan oleh negara kita. Salah satu alasan terjadi hal ini dikarenakan adanya aspek ekonomi, karena banyaknya kebutuhan untuk hidup dan merasa memiliki pendapatan yang kurang, sehingga ada sebagian orang yang melakukan korupsi.

Tindakan korupsi dapat menyebabkan lambatnya pertumbuhan ekonomi, penurunan investasi, peningkatan kemiskinan serta peningkatan ketimpangan pendapatan. Salah satu tindakan korupsi yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah menyogok untuk kelancaran suatu kegiatan.

Hal 2

FANINDO