XL Axiata Rampungkan Pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut Batam Serawak

Kabel bawah laut XL
Kabel bawah laut XL


WARTAKEPRI.co.id, BATAM – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan perusahaan asal Malaysia PP Telecomunication Sdn Bhd telah berhasil merampungkan proyek pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang menghubungkan Batam – Serawak Malaysia atau Batam Sarawak International Cable System (BaSIC).

Bagi XL Axiata, infrastruktur baru ini akan memperkuat koneksi internet antara Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dengan kinerja dan latency yang lebih cepat dan berkualitas. Dimulai pada tahun 2020, SKKL ini sudah dapat beroperasi mulai 1 Juni 2022.

Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, SKKL ini juga menjadi alternatif gateway international baru bagi Indonesia menuju Kuching, Serawak, dan Hongkong, serta menambah keragaman dan keandalan koneksi ke beberapa POP/HUB di Asia, sekaligus akan mendukung jaringan telekomunikasi untuk Ibu Kota Negara di Kalimantan.

“Bagi kami, infrastruktur baru ini penting untuk bisa mengatasi peningkatan trafik data di masa depan dan jaringan berkualitas dalam hal memberikan layananan terbaik kepada pelanggan,” ujar I Gede Darmayusa dalam keterangan resminya, Minggu (13/6/2022)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News