Wali Kota Batam Hadiri Pesta Anak Pantai Se Kecamatan Sekupang di Tanjung Riau

148
Wali Kota Batam Muhammad Rudi bersama tamu undangan dan masyarakat Tanjung Riau memeriahkan Pesta Anak Pantai, Minggu (11/9/2022). (Foto: Adi/WartaKepri)

 

BATAM – Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam Muhammad Rudi membuka langsung kegiatan Pesta Anak Pantai se Kecamatan Sekupang yang dipusatkan di Tanjung Riau, Minggu (11/9/2022). Even pesta rakyat yang berlangsung meriah ini masih dalam rangkaian memperingati HUT RI ke 77 tahun.

Wali Kota Rudi mewakili pemerintah menyampaikan terimakasih di hadapan tokoh masyarakat Tanjung Riau dan Sekupang. Hingga hari ini masyarakat masih semangat dan antusias mengisi momen peringatan kemerdekaan dan mendukung pembangunan Batam.

“Pemerintah ingin mengisi kemerdekaan dengan ekonomi yang baik, apalagi Tanjung Riau saat ini sudah tertata rapi dengan pembangunan infrastruktur yang baik yang bisa dinikmati masyarakat Batam maupun dari luar,” ujar Wali Kota Batam Rudi.

Disampaikannya, pembangunan Kota Batam di masa kepemimpinannya tidak hanya di satu kawasan, namun seluruh penjuru Batam. Dia menginginkan Batam hadir dengan wajah yang baru.

“Sekarang bisa kita lihat akses jalan sudah semakin lebar. Saya ingin ada perubahan untuk Batam, Kita ingin Batam yang baru, jalan utama di Batam akan lebih lebar dengan lima lajur. Bayangkan jika akses jalan utama ini selesai akan lebih banyak yang menikmati,” jelas Rudi.

Dia menambahkan, meskipun covid-19 belum usai, namun ekonomi Batam tetap bangkit di banding kota lain di Indonesia, begitu juga di kawasan pesisir. Untuk itu, kedepan pihaknya merencanakan akan menata salah satu perkebunan milik BP Batam (di wilayah Temiang) menjadi pusat pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

“Ada sekitar 40 hektar lahan perkebunan milik BP Batam akan dibebaskan, nanti akan kita tumpukan UMKM dengan menyediakan lapak jualan. Intinya kita ingin semua masyarakat Batam jadi pengusaha agar ekonomi bisa bangkit,” tambahnya.

Wali Kota Rudi berharap keselarasan dalam pembangunan Batam saat ini, hasilnya akan dinikmati dimasa akan datang.

“Kita ingin Batam cepat terbangun dengan syarat masyarakat dapat meningkatkan kinerja, memanfaatkan waktu dengan positif dan efektif, termasuk sektor industri maupun pariwisata akan dapat bergerak jika infrastrukturnya mendukung,” pesan Rudi.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto dalam sambutannya mengatakan, pihaknya merasa bangga dengan kegiatan Pesta Anak Pantai yang digelar masyarakat. Dijelaskannya, dalam membangun bangsa tanpa melupakan generasi muda agar anak-anak muda semakin unggul dan lebih maju.

“Sebagai negara pulau khususnya di Sekupang saya berpesan laksanakan keselamatan berlalulintas di laut. Hasil laut kita cukup untuk dinikmati, keselamatan di laut dalam mencari nafkah sangat penting. Kita dari Bakamla mendukung apa yang jadi kebutuhan masyarakat,” ungkap
Hadi Pranoto.

Hasyim salah seorang tokoh masyarakat sekaligus pengusaha dari pesisir yang turut berkontribusi terhadap kegiatan kegiatan masyarakat pesisir Batam. Menginginkan agar kedepan generasi muda khususnya masyarakat pulau jadi semakin baik dan memiliki semangat membangun daerahnya.

“Motivasi saya agar generasi muda disini semakin semangat membangun daerahnya dengan lebih baik. Termasuk pada momen ini anak-anak muda di pulau bisa mengisi hari kemerdekaan dengan lebih semangat,” ujar Pria asli dari Pulau Kasu Batam.

Camat Sekupang Tatang Wahyudi menambahkan, kegiatan pesta anak pantai ini sudah dilakukan sejak Sabtu 10 September 2022 dan hari ini Minggu 11 September 2022 merupakan puncak acara.

Berbagai perlombaan rakyat digelar mulai dari perlombaan sampan layar kategori orang 9, 7 dan 5. Lomba speed boat 15 Pk dengan 3 kategori yakni kapal Malaysia, kategori bebas hingga kategori standar dan lomba balap ketinting.

“Tidak hanya dilaut, kegiatan lomba masyarakat lainnya juga digelar seperti lomba panjat pinang, tarik tambang, permainan gasing, engrang hingga lomba permainan rakyat lainnya,” jelas Tatang.

Semaraknya kegiatan pesta anak pantai ini merupakan bagian dalam mengisi kemerdekaan yang diikuti antusias masyarakat pesisir. Apalagi sejak pandemi covid19 dua tahun lalu kegiatan ini sempat tertunda.

“Masyarakat juga sudah rindu dengan kegiatan ini. Sekarang baru bisa terlaksana dan masyarakat sangat antusias,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini, panitia menyiapkan sebanyak 6000 kupon berhadiah dengan hadiah utama satu unit sepeda motor, sepeda hingga ratusan hadiah menarik lainnya.

Kegiatan Pesta Anak Pantai turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, Danramil 02/Sekupang, Kapten Inf. Hendri Mulyadi, Perwakilan Polsek SekupangKadishub Batam Salim, Kepala Dinas Damkar Pemko Batam Azman, Ketua Dewan Pendidikan Kota Batam, Sudirman Dianto, Camat Sekupang Tatang Wahyudi serta seluruh tokoh masyarakat di kecamatan Sekupang. (*)

Penulis/Editor: Yusuf Riadi

Honda Capella

FANINDO