Kembangkan Ketahanan Pangan, Poktan Desa Lancang Kuning Bintan Panen Perdana Sorgum

Danlanaudal Tanjungpinang Kolonel Rivai, Ketua koperasi sorgum nusantara jaya Indonesia Yidith Sri Wulandari. (Foto: Agus/WartaKepri)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Kelompok Tani (Poktan) Milenial kreatif melaksanakan panen perdana Sorgum Bioguma 1 bersama Kadis DKPP Bintan, Danlanaudal dan ketua koperasi sorgum nusantara jaya Indonesia, di jalan Sei Jeram 2, Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara.

Lahan sorgum yang akan di panen secara simbolis dengan ukuran luas lahan 1,5 hektar. Sorgum adalah biji-bijian sereal yang bentuk tanamannya tinggi seperti jagung.

Ketua Kelompok Tani Milenial Rusdi mengatakan, selain dari pada panen perdana kegiatan bersama ini adalah bagian dari mempererat ikatan silaturahmi. Masyarakat ataupun kelompok, pelaku tani dapat mengetahui lebih jauh tentang ketahanan pangan jenis sorgum.

“Kami juga ingin memperkenalkan tentang tanaman sorgum,” katanya.

Selanjutnya Rusdi menjelaskan, panen perdana sorgum ini membuktikan pihaknya benar-benar serius untuk mengembangkan program ketahanan pangan jenis sorgum, yang memang pihak Pemerintahan sedang giat-giatnya memprogram pengembangan tanaman sorgum. Lahan seluas 1 hektar, diperhitungkan hasil sorgum dapat mencapai 4 – 5 ton.

Saat disinggung terkait pemasaran hasil sorgum, ia mengatakan, kepada seluruh masyarakat dan pelaku pertanian bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan Lanudal Tanjungpinang.

“Saat ini kami telah bekerjasama dan Lanudal sebagai bapak asuh untuk program ketahanan sorgum ini. Jadi tak usah ragu, untuk pemasarannya Koperasi Sorgum Nusantara Jaya siap menampung berapa saja hasil sorgum yang dapat dihasilkan,” imbuh Ketua Kelompok Tani Milenial

Adapun yang hadir dalam acara tersebut, Kadis DKPP Bintan khairul, Danlanaudal Tanjungpinang Kolonel Rivai, Ketua koperasi sorgum nusantara jaya Indonesia Yidith Sri Wulandari, Plt camat Bintan Utara Deny Irman Susilo, S.Kom, Plt Kepala Desa Lancang Kuning Frederick Van Rheza, S.STP beserta tamu undangan dan masyarakat. (*)

Pengirim: Agus Ginting

FANINDO

Honda Capella