Verifikasi Faktual Parpol, KPU Kepri Ingatkan Pengurus Parpol Harus ada di Tingkat Kecamatan

Verifikasi Faktual Parpol, KPU Kepri
Verifikasi Faktual Parpol, KPU Kepri


WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri melaksanakan Sosialisasi Verifikasi Faktual Partai Politik di Hotel Aston Tanjungpinang, Jumat (7/10/2022). KPU mengingatkan KSB ( Ketua Sekretaris Bendahara) Partai Politik Cabang hingga Kecamatan harus ada siap dikunjungi.

Sebelum memulai acara seluruh peserta yang menghadiri menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan dibaringi dengan berdoa bermunajat “Dapat mengatakan salah itu salah, dan yang benar itu memang Benar”

Plh Ketua KPU Prov Kepri, Prio Handoko mengatakan, ditahun 2022 ini banyak partai politik yang tidak lolos dalam Verifikasi, pasalnya Partai politik tersebut tidak memenuhi syarat.

Menurut keterangannya, Selama periode 1-14 Agustus 2022 ada 76 Partai Politik dan 40 partai politik nasional yang sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon peserta Pemilu 2024.

Dari jumlah tersebut, dan baru ada 24 partai politik yang berkas pendaftarannya sudah dinyatakan lengkap dan dapat melanjutkan ke tahapan verifikasi administrasi. Sedangkan 16 partai lainnya masih dalam tahap pemeriksaan.

BACA JUGA Apel Gabungan Bawaslu dan KPU Kepri dan Isi Ikrar Kesiapan Penyelenggara Pemilu Tahun 2024

Adapun hasil verifikasi administrasi akan diumumkan pada 14 September 2022, begitu pula pihak KPU menghimbau kepada seluruh pengurus partai politik agar selalu standby saat tim Verifikasi fatwa KPU langsung turun ke lapangan atau ke kantor seketariatan partai politik tersebut.

“Saat Verifikasi Faktual nanti, KSB harus ada dalam kepengurusan dan mereka juga dapat secara langsung dapat ditemui, “katanya.

Namun ada juga beberapa hal yang memang dapat dimaklumi, pasalnya urusan ataupun halangan yang dialami bersifat kewajiban ataupun musibah.

Menurut keterangannya, saat Verifikasi Fatwa pengurus harus dapat menjelaskan dan membuktikan kartu dan keanggotaan kadernya, sampai ke strukur LO Kecamatan.

“Jadi semua pengurus Partai harus sudah siap untuk di Verifikasi Faktual, dan bila dinyatakan nanti belum memenuhi persyaratan dapat mengulangi daftar dari awal,” ungkapnya mengakhiri.

Pengirim: Agus Ginting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News