Pelantikan Ketua DPD HKTI Kepri, Rafiq: Komitmen Jadikan Karimun Sebagai Lumbung Pangan

221
Muldoko melantik Ketua DPD Himpunan Kerukunan Tani
Muldoko melantik Ketua DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Kepulauan Riau, Aunur Rafiq beserta seluruh pengurus.(Foto : Aman)

FANINDO

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko berharap agar terus menjadi mitra strategis pemerintah dan terlibat dalam seluruh proses pembangunan, khususnya pada sektor pertanian.

Hal tersebut diungkapkan saat melantik kepengurusan sekaligus Ketua DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) periode 2022 hingga tahun 2027 mendatang.

“Selamat kepada Ketua dan pengurus DPD HKTI Kepri yang telah dilantik, semangat untuk mengabdi dan bekerja dengan baik seperti apa yang diharapkan oleh masyarakat, khususnya para petani,” kata Moeldoko di Gedung Nasional Karimun, Senin (21/11/2022).

Ia menambahkan, HKTI juga harus mampu untuk membantu pemerintah dalam menghadapi situasi ekonomi saat ini.

“Hingga permasalahan pertanian lainnya, seperti sempitnya lahan petani dan kondisi tanah yang sudah rusak,” beber Muldoko.

Tidak hanya itu saja kata Muldoko aspek permodalan hingga lemahnya manajemen petani serta minimnya penguasaan teknologi dan inovasi.

“Termasuk penanganan pasca panen,” paparnya.

Untuk itu, pihaknya menekankan betapa pentingnya permasalahan pangan ini. Karena menurutnya Kabupaten Karimun harus mampu menjadi lumbung pangan yang akan turut menyuplai seluruh pulau.

“Kita harus menjadi bagian dari produsen pertanian yang sanggup mengatasi kemungkinan terjadinya krisis pangan dalam beberapa tahun ke depan akibat peningkatan populasi manusia,” tandasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Ketua DPD HKTI Kepri yang baru saja dilantik, Aunur Rafiq menegaskan komitmennya bersama pengurus untuk memajukan sektor pertanian di Provinsi Kepri.

Selain soal ketahanan pangan, ia menyebut HKTI juga akan fokus untuk mensejahterakan para petani.

“Petani makmur dan sejahtera wajib kita wujudkan, pelbagai persoalan seperti ketahanan pangan, sarana dan prasarana, pupuk bersubsidi dan harga komoditas pertanian di pasaran menjadi perhatian kita semua,” ungkap Rafiq.

Terkait pesan Moeldoko agar HKTI bisa terus menjadi mitra pemerintah, Rafiq mengaku siap mendorong hal tersebut.

Salah satunya yakni HKTI Kepri akan segera melakukan konsolidasi hingga ke pengurus tingkat Desa.

“HKTI Kepri siap bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah, kita akan segera lakukan konsolidasi hingga petani seluruh Kepri. Tentunya upaya kita guna mewujudkan kesejahteraan para petani sesuai dengan slogan kita yaitu HKTI “Bangkit dan Petani Makmur,” sebut Rafiq.(Aman/rls)

Honda Capella