Alasan NasDem Nilai Khofifah Cocok Jadi Cawapres Anies Baswedan, Sekjen PKS Tidak Masalah

NasDem usul Pasangan Capres Anies Baswedan dan Khofifah 1
Alasan NasDem Nilai Khofifah Cocok Jadi Cawapres Anies Baswedan, Sekjen PKS Tidak Masalah

HARRIS BARELANG

PILPRES 2024 – Partai NasDem memang telah mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden atau capres 2024. NasDem sendiri telah menyiapkan sejumlah nama yang dipertimbangkan cocok menjadi nama. Terbaru, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali mengungkap satu nama yang cukup mengejutkan yaitu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Bukan tanpa sebab nama Khofifah yang dipertimbangkan menjadi cawapres cukup mengagetkan. Pasalnya, selama ini nama-nama yang mengintari Anies hanya berpusar pada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan dan Ketua Majelis Syura PKS Ahamd Heryawan alias Aher.

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menerangkan alasan Khofifah dinilai pihaknya cocok menjadi pendamping Anies. Ini karena orang nomor satu di Jawa Timur tersebut memiliki basis massa yang cukup besar.

“Jadi Ibu Khofifah menjadi salah satu figur yang orang perhitungkan pastilah. Sebagai Gubernur Jawa Timur pasti punya basis massa,” terang Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali kepada wartawan, Selasa (24/1/2023).

Walau begitu, Ali menegaskan bahwa partainya tetap mengutamakan pembicaraan terkait kriteria yang tepat sebagai cawapres Anies, bukan hanya membicarakan sosok atau nama-nama tertentu. Pembahasan ini akan dilakukan jika Koalisi Perubahan bersama Demokrat dan PKS bisa terwujud.

“Kriteria kita bicarakan kalau kita sudah ada koalisi, sekarang ada banyak partai bicara tentang capres tentang Anies, tapi tidak pernah deklarasi. Bingung juga kita itu,” tambahnya.

BACA JUGA Tujuan Prabowo-Cak Imin Resmikan Sekretariat Bersama Gerindra-PKB

Sekjen PKS Tidak Masalah

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PKS, Habib Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan jika cawapres yang akan dipasangkan dengan Anies bukan kader PKS. Pernyataan ini menjawab soal ketidakpastian nasib Koalisi Perubahan yang masih terombang-ambing soal pendamping Anies.

@wartakepri Relawan Anies Baswedan Belajar #relawananiesbaswedan main #latolato ke salah satu anak #baduy Luar Banten #AniesBaswedan #JalanSehatRestorasi ♬ suara asli – wartakepri.co.id

Aboe menegaskan bahwa sejatinya tidak ada yang mengganjal ketiga partai dalam Koalisi Perubahan dalam memutuskan nama cawapres. PKS, lanjutnya, juga enggan terburu-buru memutuskan siapa sosok yang pantas menjadi pasangan Anies Baswedan di Pemilu mendatang.

“Rasanya perkembangannya (Koalisi Perubahan) cukup positif dan bakal baik,” kata Aboe Bakar kepada wartawan di kantor DPP PKS, Jumat (20/1/2023). (*)

Dikutip dari Suara

FANINDO

Honda Capella