Ada-ada Saja, IRT Di Karimun Ketahuan Bikin Laporan Palsu, Brasta: Kompensasi Kredit

Seorang perempuan EM (40) di Tanjungbalai Karimun Kepulauan Riau meminta maaf karena sudah membuat laporan palsu ke polisi, tentang dirinya yang menjadi korban penjambretan.(Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Seorang perempuan berinisial EM (40) ditetapkan sebagai tersangka, setelah membuat laporan palsu di Polsek Meral, Polres Karimun.

Sebelumnya, EM mengaku menjadi korban penjambretan di depan kantor Basarnas, Sei Pasir pada Kamis (9/3/2023).

Belakangan diketahui Ibu Rumah Tangga (IRT) ini mengaku cerita tersebut adalah bohong (rekayasa).

KPU KEPRI

“Pengakuan korban telah dirampas tasnya oleh seorang laki-laki yang tidak dikenal dengan menggunakan sepeda motor berkecepatan tinggi,” kata Kapolsek Meral, AKP Brasta Pratama Putra, Rabu (22/03/2023).

Atas kejadian tersebut, kata Brasta Unit Reskrim Polsek Meral langsung bergerak cepat.

“Selanjutnya dilakukan pengecekan terhadap CCtv yang dilalui oleh korban. Setelah dilakukan pengecekan terhadap CCtv, tidak ditemukan terjadinya penjambretan,” paparnya.

Tidak mau kehilangan akal, petugas pun melakukan pemeriksaan terhadap saksi SN, merupakan teman korban.

Benar saja, SN sendiri membeberkan laporan dan keterangan pelapor tidak benar semuanya.

“Setelah diperiksa lebih lanjut, korban mengakui seluruh perbuatannya, telah membuat laporan dan keterangan palsu,” ucap Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, motif pelaku untuk mendapatkan Surat Tanda Terima Laporan Polisi (STTLP) dari Polsek Meral.

“Surat tersebut digunakan pelapor untuk bukti kepada suami pelapor dan para tukang kredit agar mendapatkan tenggang waktu pembayaran kredit yang dipinjam,” beber Kapolsek.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek mengimbau kepada masyarakat agar tidak meniru perbuatan IRT ini. Untuk tidak menyalahgunakan pelayanan kepolisian.

“Selain merugikan diri sendiri dan masyarakat, juga terkena sanksi tegas, pidananya yakni Pasal 220 KUHP dengan ancaman pidana 1 tahun 4 bulan,” ujarnya.(Aman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO