DPRD Pasaman Barat Pelajari Operasional Command Center Kota Tangerang

DPRD Pasaman Barat Kunker ke Diskominfo kota Tanggerang
HARRIS BARELANG

TANGERANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat adakan kunjungan studi implementasi ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, Senin (27/03/23).

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat, H Erianto dan diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti beserta jajaran, di Ruang Tangerang Live Room Diskominfo setempat.

Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat, H Erianto menyampaikan, ada 10 orang pimpinan dan anggota Komisi I DPRD yang ikut dalam kunjungan tersebut, selain itu juga ada tiga pendamping dari sekretariat DPRD dan Satu orang Kabid Diskominfo Pasaman Barat.

Erianto mengatakan, kunjungan yang mereka lakukan bersama Diskominfo Kabupaten Pasaman Barat dalam rangka mencari ilmu terkait aplikasi yang dimiliki Kota Tangerang. Terkhusus, terkait operasional Command Center Kota Tangerang, yakni layanan 112 dan 119.

“Dalam kunjungan ini, kami mencari tahu terkait kekuatan SDM, sistem yang dimiliki, serta hal-hal yang perlu disiapkan jika ingin membangun command center yang memadai. Tentu, dalam hal ini akan disesuaikan dengan kekuatan yang dimiiki Kabupaten Pasaman Barat,” ujar Erianto.

Erianto mengatakan, kunjungan mereka ke Diskominfo Kota Tangerang ini, nantinya direncanakan akan berlanjut dalam proses permohonan dan MoU untuk melakukan kerjasama yang lebih jauh.

“Kami senang dan terimakasih sekali atas penerimaan dari Diskominfo Kota Tangerang. Semoga bersedia untuk mengawal kami untuk memiliki command center yang seperti dimiliki Kota Tangerang,” katanya.

Sementara, Kepala Unit Pelayanan Terpadu Pengelola Ruang Kendali Kota, Fany Rostiany menyatakan command center Kota Tangerang telah menerima penghargaan Pelayanan Pengaduan Terbaik tahun 2020 dari Kemenpan RB. Selain itu, Kota Tangerang merupakan satu-satunya daerah yang memiliki aplikasi terbanyak di Indonesia, yaitu 211 aplikasi dengan super aplikasi Tangerang LIVE, super Apps layanan publik dengan 14 layanan dan 32 menu, yang saat ini telah didownload sebanyak 985.002 pengguna.

Lewat aplikasi Tangerang LIVE, pelayanan publik di Kota Tangerang hingga saat sudah dalam satu genggaman. Mulai dari dari Layanan Gawat Darurat 112, Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA), Layanan Pencari Kerja, daftar harga bahan pokok di pasar dan kumpulan berita terkait Kota Tangerang. Atas terobosan ini, tercatat sudah 40 daerah mereplikasi aplikasi milik Kota Tangerang, baik provinsi, kabupaten, hingga berbagai kota di Indonesia.

“Kini, pada kunjungan DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Diskominfo Kota Tangerang pun tetap berkomitmen untuk membantu, memberikan, memfasilitasi serta mendampingi apa yang dibutuhkan Kabupaten Pasaman Barat dalam membangun command center. Dalam hal ini, kita sama-sama belajar untuk meningkatkan pelayanan berbasis teknologi untuk masyarakat kita,”  katanya.

Selain mengunjungi Diskominfo Kota Tangerang pada tanggal 27 maret, dalam Kunjungan Kerja atau Kunker yang dilakukan DPRD Pasaman Barat dari tanggal 26 sampai 30 Maret ini, mereka juga mengunjungi DPMPTSP Kota Tangerang, terkait investasi dan izin usaha pada tanggal 28 Maret, dan tanggal 29 maret ke DPRD Kota Tangerang terkait perda investasi dan izin usaha, selanjutnya tanggal 30 maret kembali pulang. (**/r)

Kiriman: Taufik Chaniago

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG