PGN dan Conrad Energy Asia Jajaki Potensi Pasokan Gas Bumi Domestik dari Aceh

PGN dan Conrad Energy Asia Jajaki Potensi Pasokan Gas Bumi Domestik dari Aceh
PGN dan Conrad Energy Asia Jajaki Potensi Pasokan Gas Bumi Domestik dari Aceh
HARRIS BARELANG

JAKARTA – Kerjasama antara PT PGN Tbk dan Conrad Energy Asia Ltd. yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MOU) untuk penyediaan pasokan gas bumi dan pengembangan infrastruktur gas/LNG di tepi laut Wilayah Aceh tampaknya memiliki potensi yang besar. Ini dapat menjadi langkah penting dalam mengembangkan lapangan migas di Aceh, khususnya di bagian barat, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Pemerintah Aceh, melalui Kepala DPMPTSM Aceh Marthunis, menyambut baik kerjasama ini dan berkomitmen untuk mendukung serta memfasilitasi setiap prosesnya. Proyek ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya migas di wilayah tersebut.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Rosa Permata Sari, menekankan pentingnya kerjasama ini untuk menjaga ketahanan pasokan gas bumi di berbagai sektor pelanggan. Dengan lokasi potensi sumber gas dari Aceh, kerjasama ini juga diharapkan dapat memanfaatkan pasokan gas domestik untuk berbagai kebutuhan ke depan.

Rosa berharap agar kerjasama ini berlangsung lancar dan komprehensif, sehingga dapat mencapai kerja sama komersialisasi gas bumi. Hal ini dianggap sebagai langkah penting dalam mengisi celah antara sumber pasokan gas domestik dan kebutuhan konsumen gas bumi di berbagai wilayah.

BACA JUGA Cara PGN Subholding Gas Pertamina Hadapi Utilisasi Gas Bumi di Masa Transisi

Managing Director& CEO Conrad Miltos Xynogalas menyatakan bahwa kerjasama dengan PGN sangat penting untuk menyalurkan gas bumi ke pasar dengan tepat. Mereka memiliki ambisi untuk memonetisasi gas dan LNG bersama PGN, serta menyalurkan energi yang lebih bersih. Xynogalas juga menyoroti peran penting gas sebagai energi fosil yang relatif bersih dalam mencapai target Net Zero Emission yang diinginkan pemerintah.

Kerjasama ini tidak hanya terbatas pada pasokan gas, tetapi juga mencakup pengembangan infrastruktur gas pipa dan LNG, beserta kegiatan pemeliharaan fasilitas gasnya. Dengan nilai kerjasama yang penting bagi PGN, dukungan dari pemerintah, terutama Pemerintah Daerah Aceh, dianggap sangat berarti.(*/r)

Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG