Pleno KPU Kepri Penuh Kejutan: Sturman Panjaitan Lolos, Soerya Respationo Gagal

Pleno KPU Kepri Penuh Kejutan: Sturman Panjaitan Lolos, Soerya Respationo Gagal
Pleno KPU Kepri menetapkan empat partai yang mendapat kursi DPR RI Dapil Kepri. Kejutan terjadi pada caleg yang lolos di PDIP (dok kpu kepri)

TANJUNGPINANG – Rapat Pleno KPU Kepri pada Jumat (8/3/2024) menyuguhkan kejutan dalam hasil rekapitulasi suara DPR RI Dapil Kepri. Terjadi perubahan di kursi yang dipegang oleh PDI Perjuangan, di mana incumbent Sturman Panjaitan berhasil lolos sementara Soerya Respationo gagal.

Sebelumnya, Soerya Respationo yang merupakan mantan Wagub Kepri diharapkan lolos dari PDI Perjuangan. Namun, putusan pleno KPU Kepri mengubah dinamika tersebut, dengan menetapkan Sturman Panjaitan sebagai caleg yang berhasil meraih kursi.

BACA JUGA: Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Berbagai Daerah di Indonesia

SAMIRA TRAVEL

Dalam hasil perhitungan suara terakhir, PDI Perjuangan berhasil meraih kursi keempat dari kuota 4 kursi DPR RI Dapil Kepri.

Kursi pertama direbut oleh Partai Golkar dengan total suara 166.147 suara, dan caleg terbanyak Rizki Faisal yang memperoleh 73.664 suara.

Di tempat kedua, Partai Gerindra meraih 164.310 suara, dengan caleg M. Endipat Wijaya sebagai yang terbanyak dengan 105.413 suara.

BACA JUGA: Nathan Tjoe-A-On Tanggapi Dingin Panggilan Timnas Indonesia untuk Lawan Vietnam

Sementara itu, kursi ketiga direbut oleh Nasdem dengan total suara 151.776, dan caleg terbanyak Randi Zulmariadi dengan 85.670 suara.

PDI Perjuangan, yang mendapatkan 149.222 suara, berhasil meraih kursi terakhir, kursi keempat.

Namun, kejutan terjadi saat Sturman Panjaitan memenangkan kursi tersebut dengan perolehan suara sebanyak 59.460. Dia unggul sekitar 2.000 suara dari Soerya Respationo yang hanya meraih 57.363 suara.

Dengan demikian, hasil pleno KPU Kepri menegaskan bahwa Sturman Panjaitan berhasil terpilih sebagai caleg DPR Dapil Kepri. Sementara Soerya Respationo gagal masuk Senayan di detik terakhir.

Prediksi partai yang mendapat 4 kursi tidak berbeda dengan hasil Sirekap KPU RI, hanya terdapat perbedaan pada caleg yang lolos dari PDI Perjuangan. (yadi)

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG