5 April 2024, Jemaah Masjid Aolia Yogyakarta Sudah Lebaran Idul Fitri

Jemaah Masjid AOLIA Yogyakarta
Ratusan Jemaah Masjid Aolia di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, menggelar shalat Idul Fitri pada Jumat (5/4/2024). Foto Tangkap Layar
HARRIS BARELANG

YOGYAKARTA – Ratusan Jemaah Masjid Aolia di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, menggelar shalat Idul Fitri pada Jumat (5/4/2024). Shalat Id digelar di salah satu lokasinya di rumah imam Jemaah masjid Aolia di Panggang III, Giriharjo, Panggang, Gunungkidul.

Dari pengamatan Kompas.com di lokasi, sekitar pukul 06.00 WIB, ratusan jemaah sudah datang ke rumah imam Jamaah Masjid Aolia. Gema takbir terus berkumandang untuk menyambut hari kemenangan.

Sejumlah petugas kemanan dari organisasi kemasyarakatan, TNI/Polri menjaga keamanan jemaah. Shalat Id dipimpin oleh Imam Jemaah Masjid Aolia K H Ibnu Hajar Sholeh Pranolo atau akrab dipanggil Mbah Benu.

Hingga saat ini shalat Id masih berlangsung. Sebelumnya, salah seorang Mbah Benu, Daud membenarkan bahwa hari ini sudah menggelar shalat idul Fitri.

“Betul, besok (hari ini shalat Idul Fitri),” katanya, Kamis (4/4/2024).

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul Sya’ban Nuroni mengatakan, sudah mendengar informasi adanya shalat id oleh jamaah masjid aolia. Sebagai kantor milik semua agama, pihaknya akan memberikan pendekatan kepada jamaah masjid aolia.

“Ada sesuatu permasalahan, dalam agama Islam tentunya kita melakukan pendekatan kepada tokoh agama, agar pengamalan keyakinan, kemudian agar tidak menimbulkan permasalahan di tengah masyarakat,” kata Sya’ban.

Dia mengatakan, pendampingan akan memberikan edukasi kepada jamaah, untuk mengikuti organisasi keagamaan pada umumnya atau pemerintah. Pihaknya sudah mendatangi beberapa kelompok Jamaah Masjid Aolia.

“Kalau ini kan tidak lazim, kalau satu atau dua hari biasa (perbedaan penentuan hari raya), kalau ini kan lima hari tidak lazim,” kata dia. Perlu diketahui, jamaah masjid aolia sering berbeda dengan pemerintah maupun organiasasi keagamaan Islam dalam penentuan hari besar.

@wartakepri Kenapa Jemaah Masjid Aolia Gunung Kidul Yogyakarta Sudah Lebaran Idul Fitri 5 April 2024 #WhatsApp #MasjidAolia #GunungKidul #Yogyakarta #FYP #beritatiktok #wartakepritv ♬ suara asli – WartaKepri

Atas kejadian ini, dan ada video dipublikasi Merapi Uncover @merapi_uncover di media Xtwitter, dan ratusan komentar netizen bermunculan dan mengaku kaget tidak percaya. Berkut sejumlah komentarnya:

Berikut Komentar Netizen

1. @threadshopee.
Yang jual ketupat juga belum nongol di pasar udah lebaran aja

2. Deddy M Kresnoputro @kura2giok.
Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakan hari ini…

3. ceplasceplos @gedepangrango94.
Perbedaan memang harus dihormati namun ini bukan perbedaan tapi ngawurnya keterlaluan, saat ini teknologi dan perhitungan kalender sudah ajeg, selisih satu hari wajar, kalo ini selisih 5 hari sudah ngawur, tugas pemerintah untuk memberikan pemahaman penanggalan kod mrk

4. StarTokkiHwaa @haebarage86.
Ada temen kerja ku dia suka ngomong” tentang jamaah ini dikampungnya, aku pikir cuma becandaan karna baru pertama kali denger nama jamaahnya dari dia. Terrnyata ada beneran tohh

5. JUAL FROZEN FOOD@sultanfrozen.
Beberapa karyawan ku yang dari Gunungkidul tadi udah sholat wkw ternyata beneran
Mau tanya-tanya, tapi takut nyinggung…

6. s.n @aasiahrn.
Beda sehari dua hari masih biasa, ini bedanya hampir satu minggu. Aku terkejut karena baru tau hal ini. (*)

Sumber : Xtwitter/Kompas/
Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG