Kapolri Listyo Sigit Hormati Putusan Hakim Praperadilan Pegi Setiawan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Pegi Setiawan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

WARTAKEPRI.co.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo angkat suara terkait gugatan praperadilan Pegi Setiawan di kasus pembunuhan Vina yang dikabulkan oleh PN Bandung.

Sigit memastikan kepolisian bakal menghormati dan mengikuti putusan yang telah ditetapkan oleh Hakim Tunggal Eman Sulaeman di kasus tersebut.

“Tentunya kita harus menghormati putusan pengadilan,” ujar Sigit kepada wartawan di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Senin (8/7/2024) malam.

KPU KEPRI

Lebih lanjut, Sigit mengatakan pihaknya masih menunggu salinan lengkap dari PN Bandung untuk menentukan langkah yang akan diambil dalam kasus Vina tersebut.

“Untuk langkah selanjutnya tentunya akan menunggu hasil lampiran dari keputusan ataupun tembusan dari keputusan tersebut, supaya bisa ditindaklanjuti,” tuturnya.

“Tentunya itu (penyelesaian kasus) akan didalami ya, didalami isi dari keputusan tersebut apa. Karena ini terkait dengan sah tidaknya martabat sebagai tersangka dan mungkin hal lainnya,” imbuhnya.

Sebelumnya PN Bandung resmi mengabulkan permohonan praperadilan yang diajukan Pegi Setiawan di kasus pembunuhan pasangan kekasih Vina dan Eki.

Melalui putusan tersebut, Hakim Tunggal Eman Sulaeman menyatakan penetapan tersangka yang dilakukan oleh Polda Jawa Barat tidak sah dan harus batal demi hukum.

Hakim Eman juga memerintahkan Polda Jawa Barat untuk menghentikan seluruh proses penyidikan yang dilakukan terhadap Pegi. Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat juga diminta membebaskan Pegi dari tahanan.

“Mengabulkan permohonan Praperadilan pemohon untuk seluruhnya,” ujarnya dalam persidangan, Senin (8/7/2024).

@wartakepri.co.id Berita TikTok – Detik-detik Pegi Setiawan Menemui Awak media setelah dinyatakan Bebas dan status Tersangkanya Batal #PegiSetiawan #SidangPutusanPraperadilan #KasusVina #FaktaBaruKasusVina #VinaCirebon #Viral ♬ suara asli – WartaKepri.co.id

Komentar Pengacara Pegi Tanya Dimana Aep

Ditemui usai sidang praperadilan Pegi Setiawan terkait penetapan tersangka dalam kasus Vina Cirebon, kuasa hukum Pegi Setiawan Toni RM menyebut bahwa dugaan rekayasa para saksi semakin kuat alias bisa jadi benar adanya.

Menurut Toni, berdasarkan hasil sidang praperadilan yang baru saja digelar, pihak Polda Jabar menyampaikan bahwa penangkapan dan penetapan Pegi Setiawan sebagai tersangka berdasarkan keterangan dari saksi Aep dan terpidana yang bernama Sudirman.

Maka dari itu, pihaknya meminta untuk menghadirkan kedua orang tersebut jika memang benar.

Sementara itu, sosok Aep yang disebut saksi kunci dalam kasus Vina Cirebon hingga kini belum diketahui persis keberadaannya.

Aep seolah menghilang setelah sempat muncul dan memberikan soal kesaksiannya terkait kasus Vina Cirebon.

Ganti Rugi Korban Salah Tangkap di Indonesia

Korban salah tangkap berhak mendapatkan ganti rugi atas kerugian yang dideritanya akibat penangkapan yang tidak sah. Hal ini diatur dalam Pasal 95 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Sumber : CnnIndonesia/Akurat/VivaNews

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO