Ini Nasehat Brigjen Pol Sam Budigusdian Soal Tilang Pajak Kendaraan

brigjen pol sam budigustianJAKARTA, WARTAKEPRI.CO.ID – Kalau pada saat kebetulan anda telat untuk membayar pajak kendaraan, lalu tidak sengaja bertemu razia yang dilakukan oleh polisi seperti biasa dan anda terkena tilang oleh polisi tersebut, sebaiknya anda menolak, karena apa? Ingatlah, “Polisi Tidak Berhak Melakukan Hal Tersebut”.

Hal tersebut telah diungkapkan oleh Brigjen Pol Sam Budigusdian, yang waktu itu menjabat sebagai Wakil Kakorlantas Mabes Polri.

Beliau mengatakan bahwa keterlambatan membayar pajak kendaraan bukan suatu pelanggaran yang mendapat bisa mendapatkan tilang.

KPU KEPRI

Menurut Calon Kapolda Kepri yang segera menjabat di Kepri ini, persoalan pajak kendaraan bukanlah kewenangan polisi, tetapi hal tersebut menjadi kewenangan Dispenda (Dinas pendapatan Daerah).

Apabila ada petugas polisi mendapati sebuah kendaraan yang belum dilunasi pajaknya, kewajiban polisi itu adalah sekedar mengingatkan sang pemilik untuk segera membayarkan pajak kendaraannya.

“Pajak kewenangan ada di Dispenda. Ada sanksi administratif sendiri, seperti denda kalau telat membayar pajak, bukan tilang sanksinya,” ujar Sam Budigusdian

Apabila STNK yang wajib diperpanjang setiap 5 tahun sekali sudah kadaluarsa atau mati, maka pelanggaran tersebut otomatis akan dikenakan tilang (bukan oleh polisi tetapi oleh dinas).

Jadi jika ada oknum seorang anggota polisi menjatuhkan tilang kepada sang pemilik kendaraan yang pajaknya sudah habis, Bpk. Sam menyerankan agar orang yang terkena tilang tersebut untuk menolaknya dan mengadukan anggota polisi tersebut kepada pihak yang berwenang. “Silahkan buat aduan resmi. Catat nama petugas yang menilang anda” tegasnya.

Walau kita telat membayar pajak kendaraan dan tidak bisa dikenakan tilang, Beliau mengimbau agar para warga untuk selalu memperhatikan kewajiban membayar pajak kendaraan tersebut. Karena, pajak yang dibayarkan oleh masyarakat akan kembali lagi untuk kepentingan masyarakat bersama.(net/swd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO