Nizam Bantah Server Ujian Nasional Diretas – WartaKepri.co.id
9 views

Nizam Bantah Server Ujian Nasional Diretas





WARTAKEPRI.co.id – Kepala Pusat Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam mengatakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tidak bisa diretas karena akses ke “server” langsung ditutup begitu selesai ujian.

“Sekarang beredar banyak di sosial media yang menyebut peretas bisa mengakses “server” Puspendik dan menyebarkan soal dengan fomat “portable document format” atau pdf. Hal itu tidak benar, karena “server” langsung ditutup begitu selesai ujian,” ujar Nizam dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Jadi, lanjut Nizam, yang diakses oleh para peretas adalah “server” lokal yang ada di sekolah. Oleh karena itu, Nizam berharap para peserta UN tidak percaya dengan bocoran-bocoran yang beredar.

Kemendikbud juga menggandeng komunitas-komunitas peretas untuk membantu pengamanan pelaksanaan UNBK.

Sejauh ini, lanjut dia, belum ada kendala berarti dalam pelaksanaan UNBK dan UN berbasis kertas dan pensil. Permasalahan yang terjadi adalah gangguan “server”.

“Tahun ini ada yang berbeda, jika sebelumnya telepon terus berdering karena banyak masalah. Maka pada tahun ini jauh berkurang.”

Sementara itu, Kepala Balitbang Kemendikbud, Totok Supriyatno, mengatakan meski pada tahun ini tidak ada laporan mengenai kesulitan dalam mengerjakan UN, bukan berarti Balitbang menurunkan mutu soal.

Sumber:antaranews.com



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

9 views