14 – 15 Mei, Sebanyak 214 Pesepada Ikuti Tour de Barelang 2016

339

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, kembali mengadakan Tour de Barelang 2016 yang mendatangkan peserta dari 23 Negara. Perhelatan yang merupakan agenda tahunan ini, nantinya akan diikuti sebanyak 214 orang pesepeda.

Dari keseluruhan peserta yang mengikutinya, 20 orang pesepeda berasal dari dalam negeri. Sementara untuk selebihnya dating dari Negara Malaysia, Singapura, Inggris, Jerman, Australia, Swedia, Belgia, Norwegia, Amerika, Belanda, Perancis, Italia, Philipina, Afrika Selatan, Selandia Baru, Kanada, India, Switzerland, dan Irlandia.

yusfa hendri tour de barelang foto humas pemko batamKepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Yusfa Hendri kepada awak media menyebutkan bahwa ini adalah kegiatan ke-5 yang akan diselenggarakan, serta merupakan hasil dari kerjasama Disparbud Batam dengan Cycosports yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI.

” Perlombaannya akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada Sabtu dan Minggu 14-15 Mei 2016. Dalam pelaksanaannya, lomba dibagi menjadi 2 yaitu Race untuk hari sabtu, dan Granfondo untuk jenis lomba Fun pada Hari Minggu,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskannya, perlombaan nantinya akan dimulai dari Pelabuhan International Sekupang pada pukul 07.45 WIB dengan rute yang menuju kawasan Rempang Galang hingga pulau terakhir yang seterusnya dilanjutkan ke lokasi jembatan enam barelang.

Kemudian, peserta akan berputar balik kearah jembatan I Barelang untuk mencapai garis finish apabila telah menempuh jarak sekitar 6 kilometer dari jembatan terakhir.

Sementara itu, dengan total jarak 130 kilometer yang akan ditempuh oleh para peserta, penghitungan waktunya akan dilakukan dengan cara menggunakan sistem raceresult.com sehingga hasilnya dapat langsung dilihat secara online, ujarnya lagi.

Sedangkan untuk jenis lomba Granfondo, adalah dengan cara menempuh jalur sejauh 90 kilometer yang dimulai dari Dataran Engku Putri Batam centre hingga jembatan 6 yang selanjutnya akan berputar kembali di turning point.

Sementara untuk Granfondo, jalur yang ditempuh sejauh 90 kilometer. Start dari Dataran Engku Putri Batam Centre sampai ke jembatan enam dan berputar di turning point. Garis finishnya sama yaitu di jembatan I Barelang.

“Untuk Grafondo, garis finishnya sama di jembatan 1 barelang. Granfondo diikuti oleh 109 peserta dari 18 Negara. Hari kedua juga dilakukan lomba untuk kategori 4, yakni untuk peserta perempuan sejauh 15 kilometer per jam,” imbuhnya.(ichsan)

DEWAN PERS WARTAKEPRI

FANINDO

FANINDO

PKP HIMALAYA