Ini Kritikan Pemuda Muhammadiyah Batam ke Presiden dan Partai Demokrat Kepri – WartaKepri.co.id
21 views

Ini Kritikan Pemuda Muhammadiyah Batam ke Presiden dan Partai Demokrat Kepri





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah Kota Batam, menyesalkan terjadinya penundaan yang tak beralasan terhadap pelantikan Gubernur definitif Kepri yang telah direncanakan Pemerintah Pusat pada awal Mei lalu.

Ditundanya pelantikan tersebut, efeknya akan sangat luar biasa terjadi ditengah masyarakat. Sebagai contoh, yakni terjadinya penyerapan APBD yang menjadi kecil, terhalangnya gaji para PNS, dan hak karyawan yang tidak terlaksana dibayarkan sebagaimana mestinya, ujar Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kota Batam, Munawar kepada wartakepri.co.id di Masjid Nurul Islam, Sabtu (21/5/2016) malam.

Disisi lain, dengan semakin lamanya dilakukan pelantikan, maka akan semakin bermasalah. Seperti yang telah terjadi sekarang ini, bahwa telah adanya benturan dari berbagai kalangan yang pro dan kontra dalam memahami persoalan tersebut, terangnya.

“Memang benturan itu normatif. Akan tetapi terjadinya kondisi itu, semata-mata diakibatkan karena keterlambatan dari pemerintah pusat dalam melakukan pelantikan,” paparnya.

Maka dari itu, kata Munawar, diharapkan kepada Presiden Jokowi dan DPRD Kepri untuk tidak mengganggu jadwal pelantikan Gubernur definitif yang sudah ditentukan pada hari selasa mendatang.

“Nurdin Basirun harus dilantik, enggak ada kata tidak. Apabila terjadi lagi penundaan pelantikan, kita dari teman-teman Muhammadiyah akan berkoordinasi dengan berbagai elemen masyarakat untuk melakukan gerakan terkait hal itu,” tukasnya.

Menurutnya, saat ini ditengah masyarakat telah terjadi berbagai masalah dengan kekosongan jabatan Wagub Kepri. Selanjutnya, Parpol Demokrat pun sedang melakukan penjaringan beberapa nama calon untuk Wagub Kepri.

“Agar nantinya tidak terjadi perbedaan diantara Nurdin Basirun dengan calon yang diusung oleh Demokrat, maka didalam pemilihan calon itu, diharapkan kepada DPP Demokrat untuk dapat melibatkan Nurdin,” ujarnya.

Hal itu dilakukan supaya tidak terjadi permasalahan dikemudian hari, dan juga libatkanlah Nurdin untuk memilih siapa yang cocok menjadi wakilnya. Jangan hanya melihat dari segi harta kekayaan, ataupun keturunan. Karena hal itu dianggap tidak relevan lagi. Walaupun melihat dari faktor keturunan, tapi juga harus memiliki kualitas, kredibilitas, terpercaya, dan teruji, ujarnya lagi.

“Kami tidak ada merekomendasikan sebuah nama, hanya saja berharap agar memilih orang yang kredibel dan tentunya yang tidak tersandung persoalan korupsi. Jangan hanya melihat dari segi harta kekayaan, ataupun keturunan. Siapapun orangnya, akan kita dukung asalkan karakternya seperti itu,” jelasnya.

Pemuda Muhammadiyah tetap mengedepankan dalam upaya mendorong Nurdin untuk memilih wakil yang sesuai dengan aspek, berkualitas, berpengalaman dan berkompeten. Hal terpenting adalah wakil yang bisa melindungi dan mampu bekerjasama dari segala sisi. Jangan hanya dalam satu atau dua tahun saja, dan setelah itu terjadi perpecahan, ulasnya.

Masih kata Munawar, pilihlah wakil yang bisa menjembatani antara Pemprov dengan DPRD Provinsi, dimana sebelumnya ada terjadi sebuah penyanderaan penganggaran daerah yang dilakukan oleh DPRD Kepri pada masa setelah terpilihnya Almarhum Gubernur Sani dengan Wagub Nurdin Basirun beberapa waktu lalu.

Oleh sebab itu, kedepan diinginkan seorang wakil yang bisa memfasilitasi Pemerintah dengan DPRD. Dengan seperti itu, semua kepentingan masyarakat Kepri akan cepat terealisasikan. Terkait itu, kami berharap supaya bisa terjalin sinergitas antara Pemko, Pemprov dan DPRD, pungkasnya. (ichsan)



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

21 views