Harga Sembako Melambung, Wakil Walikota Batam Amsakar Sidak di Dua Pasar

583

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Jelang Idul Fitri, harga daging segar sapi lokal dan sayur-sayuran di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau menagalami kenaikan yang signifikan. Meskipun demikian, untuk harga komoditi lainnya seperti bawang, tomat dan cabe, masih relatif stabil, ujar Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad saat melakukan sidak ke pasar Botania dan pasar Mitra Raya, Kamis (9/6/2016).

“ Memang kita menemukan kenaikan harga daging dan sayur, namun untuk harga pangan lainnya cenderung normal. Maka berdasarkan hasil sidak hari ini, kita dapat memastikan bahwa pasokan bahan pangan di Batam cukup hingga lebaran nanti”, terangnya.

Dijelaskan Amsakar, kenaikan harga daging berkisar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah, sedangkan untuk harga sayur merangkak naik sekitar 6 ribu rupiah. Sementara untuk harga gula dan minyak goreng, masih stabil.

Menanggapi kenaikan harga tersebut, Amsakar berjanji akan melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas KP2K untuk mengamati sejumlah tempat penjual daging lokal secara langsung.

” Pemko Batam akan pastikan para distributor untuk terus mensuplai bahan pangan dari luar Batam, seperti beras, minyak goreng dan gula. Sehingga kedepan hingga menyambut Idul fitri, masyarakat tidak lagi merasa kewalahan”, paparnya.

Menurutnya, melambungnya harga sejumlah bahan komoditi tersebut, disebabkan berdasarkan permintaan dari kalangan masyarakat yang kian meningkat. Namun masyarakat tidak perlu merasa khawatir, karena pemerintah akan mengupayakan untuk dapat menstabilkan kenaikan harga melalui koordinasi dengan dinas terkait.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindag dan ESDM Kota Batam, Rudi Sakyakirti ditempat yang sama juga menyebutkan bahwa Pemko akan terus berupaya untuk menormalkan kembali harga dengan cara rutin menggelar Operasi Pasar.

Dalam rentang tahun 2016 ini, Operasi pasar telah dilakukan oleh Disperindag sebanyak 4 kali. Upaya itu dilakukan agar bisa menawarkan harga standar distributor kepada masyarakat,dalam hal ini dinas terkait mendatangkan langsung para distributornya, pungkasnya.(r/ichsan)

Honda Capella

FANINDO