Profil Pemain Antonio Eder Pahlawan Timnas Portugal

86

WARTAKEPRI.co.id – Mencetak gol pada partai Final Piala Eropa 2016 adalah sebuah prestasi. Namun, mencetak gol dan membawa Tim menjuarai turnamen ini, langsung menjadikan sang pemain pahlawan bagi Tim dan negara.

Itulah yang sudah pasti dirasakan oleh Antonio Eder, yang berhasil mencetak gol ke gawang Tim Prancis dalam babak tambahan waktu kedua, pada partai Final Portugal melawan tuan rumah Prancis, Senin (11/7/2016) dini hari.

Dikutip dari laman tempo. co, Nama Eder selama ini tak begitu populer. Pemain bernama lengkap Ederzito Antonio Macedo Lopes bergabung dengan tim nasional Portugal pada Agustus 2012 sebagai pemain cadangan melawan Luxembourg dalam kualifikasi FIFA World Cup 2014. Ia baru terjun ke lapangan 4 hari kemudian, menggantikan Helder Postiga di kompetisi yang sama melawan Azerbaijan.

Sepanjang bermain bersama Portugal, Eder berhasil mencetak empat gol. Gol pertama untuk Portugal tercipta pada 16 Juni 2015, saat bermain di laga persahabatan melawan Italia seusai partai kualifikasi Piala Eropa 2016 di Stade de Geneve, Switzerland. Ia menyempurnakan umpan silang dari Ricardo Quaresma di menit ke-52, saat itu.

Gol lain tercipta dalam laga pertandingan melawan Norwegia dan Estonia. Sedangkan gol keempatnya membawa Portugal menjuarai Piala Eropa 2016.

Eder mulai bermain sepak bola pada umur 11 tahun. Pria kelahiran Bissau, 22 Desember 1987, tersebut memulai berkarier bersama Associacao Desportiva e Cultural da Ademia di Portugal. Ia kemudian masuk klub F.C Oliveira do Hospital dan G. D Tourizense.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Pada 2012, Eder menandatangani kontrak 4 tahun bersama S.C Braga. Penampilan apiknya di klub tersebut mengantarkan Eder ke tim nasional Portugal.

Selama 3 tahun berselang, Eder dipinang Swansea City dengan bayaran 5 juta pound sterling untuk kontrak 3 tahun. Namun kariernya tak begitu bagus di liga Inggris. Dalam 15 kali pertandingan, tak ada satu pun gol yang ia sumbangkan.

Eder pun dipinjamkan ke Lille OSC. Ia berhasil mencetak satu gol saat menggantikan Yassine Benzia melawan Stade Rennais F.C di Stade Pierre-Mauroy, membuat laga berakhir imbang.

Pada April 2016, Eder dipercaya bermain selama 90 menit dalam laga final Coupe de la Ligue. Ia kini mendapatkan kontrak permanen selama 4 tahun bersama Lille. (dedy/tempo)

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI