Sabtu Sore, Piala Adipura Buana 2016 akan Diarak Keliling Kota Tanjungpinang

Piala Adipura Buana
Sabtu Sore, Piala Adipura Buana 2016 akan Diarak Keliling Kota Tanjungpinang
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Upaya pemerintah Kota Tanjungpinang untuk meraih kembali Adipura, berbuah hasil. Tahun 2016 ini, Kota Tanjungpinang berhasil meraih piala Adipura Buana.

Kabar gembira itu, diketahui setelah adanya pengumuman dari Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia (RI) pada Sabtu (16/7) lalu. Penghargaan dibidang lingkungan hidup ini diberikan kepada Kabupaten dan Kota yang dinilai memiliki kinerja luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Tahun 2016 ini, Menteri Lingkungan Hidup Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, merubah 5 kategori Adipura, yaitu Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bhakti, dan Adipura Paripurna

Kategori Piala Adipura Buana diberikan kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang karena berhasil menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni (liveable city) yang tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh warga masyarakat atas perhatian, pastisipasi dan supportnya terhadap kebersihan lingkungan di wilayahnya.

” Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berperan aktif menjaga lingkungan, prestasi ini berkat dukungan semua masyarakat, presatasi ini kita persembahkan untuk masyarakat kota Tanjungpinang,” ungkap Lis

Penghargaan bergengsi dalam kategori Lingkungan Hidup ini direncanakan akan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, pada 22 Juli mendatang di Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Persiapan penyambutan piala Adipura Buana di Kota Tanjungpinang yang dibahas dalam rapat di Kantor Bappeda Tanjungpinang, Rabu (20/7/2016) tadi, direncanakan akan dilakukan arak-arakan keliling kota, gelaran tersebut sebagai wujud terimakasih kepada seluruh warga Tanjungpinang yang telah berperan aktif dalam membangun wajah Kota yang bersih, indah, dan asri.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Robert Pasaribu, MM, menjelaskan, Piala adipura Buana akan dibawa langsung oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, dan rombongan dari Kabupaten Siak menuju ke Kota Tanjungpinang.

Piala Adipura Buana dijadwalkan akan tiba di Bandara Hang Nadim Batam pada Sabtu (23/7/2016) mendatang pukul 13.30 Wib dengan menggunakan pesawat Citylink. Setibanya di Batam, piala adipura akan dibawa ke Kota Tanjungpinang menggunakan Kapal Dishub 03.

Sesampainya di Pelabuhan Sri Bintan Pura, piala Adipura Buana akan diarak dari pusat Kota menuju Terminal Sungai Carang, ” Rutenya melewati Jalan Merdeka-Jalan Tengku Umar-Jalan Bakar Batu- Jalan Sutomo- Jalan Soekarno Hatta, kemudian menuju Jalan A. Yani, lalu belok kanan ke Jalan DI. Panjaitan dan menuju arah Bintan Center, lalu melewati Hotel Comfort di Jalan Adi Sucipto, belok ke kiri menuju Jalan Uban Lama lanjut ke pasar buah, kemudian berakhir di Terminal Sungai Carang, sebagai tempat akan dilaksanakan syukuran atas anugrah Adipura Buana yang berhasil diraih Kota Tanjungpinang tahun ini,” Kata Robert.

Direncanakan penyambutan piala adipura buana, akan melibatkan 1000 peserta, yang terdiri dari pasukan kuning, perwakilan masyarakat dari Kelurahan se-Kota Tanjungpinang, serta perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).(dedy swd)

Kabag Humas dan Protokol
Setdako Tanjungpinang
Faisal Pahlevi, S. STP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG